Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Terminal Pelindo III Implementasikan Delivery Order Online

Sistem delivery order online akan menghemat waktu dan biaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Pelindo III menerapkan pelayanan pengiriman pesan secara elektronik (Delivery Order Online) barang impor di seluruh terminal peti kemas yang dikelolanya. Direktur Utama Pelindo III Doso Agung berharap, sistem ini dapat menurunkan biaya logistik di pelabuhan, dan meningkatkan kemudahan berbisnis di Indonesia.

Setelah sukses mengimplementasikan DO Online untuk layanan ekspor impor, lanjut Doso, saat ini Pelindo III melakukan uji coba untuk layanan domestik di Terminal Peti Kemas Banjarmasin (TPKB). Selanjutnya, juga akan diimplementasikan ke seluruh terminal untuk pelayaran kapal domestik.

Doso menjelaskan, khusus bagi layanan DO Online peti kemas domestik, perusahaan pelayaran mengunggah dokumen Delivery Order sebagaimana format yang telah ditentukan melalui aplikasi Anjungan (anjungan.pelindo.co.id). “Selanjutnya sistem akan melakukan validasi kesesuaian antara dokumen excel yang diunggah dengan nomor kontainer yang ditunjuk,” kata Doso melalui siaran persnya, Jumat (5/7).

Doso mengungkapkan, sebelum diterapkan DO Online, pengguna jasa harus datang ke kantor di pelabuhan untuk melakukan permohonan penerbitan delivery order dan harus mengantre. Setelah itu, mereka kembali mengantre untuk dapat mengajukan permohonan barang/peti kemas dan kapal. Hal ini menyebabkan waktu dan biaya operasional tidak efektif.

Namun, kata dia, dengan adanya Sistem DO Online, proses layanan pengeluaran peti kemas dari terminal menjadi lebih lancar. Karena verifikasi dokumen dilakukan secara otomatis. Keamanan atas data juga terjamin dari pemalsuan karena dokumen DO di-entry langsung oleh perusahaan pelayaran sebagai pihak yang bertanggung jawab mengeluarkan dokumen DO.

Doso Agung meyakini, sistem DO Online ini mampu menyederhanakan prosedur pelayanan menjadi lebih cepat dan murah. Sehingga, pada akhirnya mampu menurunkan biaya logistik di pelabuhan. Penerapan sistem ini diakui tidak mudah, karena tidak semua Perusahaan Pelayaran memiliki tenaga IT khusus untuk menerapkannya.

Namun, kata dia, Pelindo III berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan cara berusaha mempermudah Perusahaan Pelayaran melalui mekanisme upload dokumen excel via website Anjungan Pelindo III. “Efisiensi biaya operasional antara 20 persen hingga 30 persen dari Sistem DO Online ini dapat dirasakan langsung oleh pengguna jasa, dan harapan kami adalah pelayanan akan semakin mudah dan aman bagi seluruh stakeholder jasa kepalabuhanan,” ujar Doso Agung.

Pelindo III, kata dia, kini telah hampir 100 persen mengimplementasikan sistem DO online ini di seluruh terminal peti kemas internasionalnya.  Di antaranya Terminal Teluk Lamong (TTL), Terminal Petikemas Surabaya (TPS), dan Terminal Peti Kemas  Semarang (TPKS).  

Sumber: https://republika.co.id/berita/pu5o94370/terminal-pelindo-iii-implementasikan-emdelivery-order-onlineem


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2