Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

PAN Sebut Pembagian Pimpinan Komisi dan AKD Sesuai Perolehan Kursi

loading…

JAKARTA – Pembentukan Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) beserta pimpinannya akan dimulai pada pekan depan. Menurut PAN, pembagian pimpinan Komisi dan AKD tersebut akan dibagi secara proporsional kepada seluruh fraksi sesuai dengan perolehan kursi masing-masing.

"Insya Allah minggu depan misalkan PDIP dapat berapa, (fraksi lain) dapat berapa. Nanti insya Allah minggu depan. (Pembagian) proporsional," ujar Sekretaris Fraksi PAN di DPR Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Yandri menjelaskan, yang dimaksud proporsional adalah pembagiannya dibagi secara merata kepada seluruh fraksi berdasarkan perolehan jumlah kursi di DPR. Diurutkan secara bergantian dari yang terbanyak hingga terendah dan begitu seterusnya untuk 11 Komisi dan 5 AKD.

Baca Juga:

"Kita (PAN) insya Allah dapat, kalau seperti itu malah lebih adil yang kursinya banyak tentu akan lebih banyak dapat pimpinan, yang menengah tentu dapat menengah juga yang kecil dapat yang kecil juga saya kira itu adil mengikuti mekanisme Undang-Undang MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD)," terangnya.

Menurut Ketua DPP PAN itu, dengan jumlah 11 Komisi dan 5 AKD dengan demikian ada 16 Ketua ditambah 4 Wakil Ketua Komisi dan AKD yang dikalikan 16. Dan jumlah tersebut tinggal didistribusikan kepada seluruh fraksi.

"Tapi ya tadi, tentu yang banyak dapat banyak, yang sedang dapat sedang yang sedikit dapat sedikit," imbuhnya.

Karena itu, Yandri melanjutkan, berdasarkan ketentuan tersebut, PAN kemungkinan akan mendapatkan 1 Ketua Komisi/AKD dan 3-4 Wakil Ketua Komisi/AKD.

"Tetapi akan dibicarakan yang pastinya di komisi berapa akan dimusyawarahkan," tandasnya.

(kri)

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1445721/12/pan-sebut-pembagian-pimpinan-komisi-dan-akd-sesuai-perolehan-kursi-1570189823


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2