Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Anies Baswedan Akan Dapatkan 2 Nama Cawagub Pekan Depan

loading…

JAKARTA – PKS dan Gerindra sepakat untuk menyerahkan dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta kepada Gubernur Anies Rasyid Baswedan pada Senin 25 Februari 2019. Kedua nama itu adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Muhammad Taufik mengatakan, setelah melalui proses seleksi fit and proper test cawagub, pihaknya bersama PKS sepakat untuk menyerahkan Agung dan Syaikhu kepada Gubernur Anies, pekan depan untuk disampaikan kepada DPRD DKI Jakarta.

“Kami sudah sama-sama menandatangani usulan yang telah disepakati hasil fit and proper test,” kata Taufik di Aljazeerah Restaurant, Jakarta Pusat, Jumat 22 Februari 2019.

Baca Juga:

Taufik menjelaskan, ada beberapa catatan yang harus dilakukan cawagub DKI Jakarta. Pertama, mereka harus ingat bahwa posisi wagub adalah Wagubnya warga Jakarta. Kedua, visi-misinya adalah visi-misi yang telah disusun Gubernur Anies dan wakilnya saat itu, Sandiaga Salahuddin Uno.

Selain itu, lanjut Taufik, cawagub terpilih nantinya juga harus mempelajari seluk beluk permasalahan di Jakarta. Wajar, kata dia, apabila dalam fit and proper test kedua cawagub baru memahami pada tataran yang mereka baca.

“Kita minta mereka mesti running ke lingkungan secara cepat. Secara manajemen mereka ada pengalaman. Pak Syaikhu ada eksekutifnya, Agung ada pengalaman di perusahaannya,” kata Taufik. (Baca juga: Besok PKS-Gerindra Konsultasi Cawagub DKI ke Anies)

Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo menuturkan, DPP PKS sejak awal telah menyetujui penunjukan Agung dan Syaikhu menjadi cawagub. Setelah ini, kedua partai pengusung Anies-Sandi ini bakal meminta tandatangan dari ketua umum dan sekretaris jenderal masing-masing partai. “Ya segera kami kirimkan surat ke Gubernur Anies,” ungkapnya.

Penandatanganan ini menandakan pembahasan pengganti Sandiaga Uno tuntas di tahap partai politik. Setelah PKS dan Gerindra menyerahkan surat rekomendasi itu ke Gubernur Anies, orang nomor 1 di DKI Jakarta itu akan menyampaikanya kepada DPRD DKI Jakarta untuk diparipurnakan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Anies menyampaikan bahwa sebenarnya DPRD sudah datang menemuinya pada awal pekan ini. Mereka kemudian akan menuntaskan surat-surat administrasi proses pemilihan Cawagub. “Nah ketika suratnya datang diantar ke saya, baru kemudian saya proses,” ungkapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menilai kekosongan wagub hanya berdampak terhadap pengaturan jadwal. Dimana, banyak kegiatan, khusunya kegiatan seremonial yang biasanya bisa dibagi tapi sekarang tidak bisa dibagi karena aturan protokoler.

Kalau dari sisi pekerjaan, kata Anies, indikasinya paling mudah pada saat pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kemarin. Dia menilai tidak ada bedanya ada atau tidaknya posisi wagub.

“Kalau kinerja diukur dari misalnya pelaksanaan program sampai dengan Desember kemarin Alhamdulillah program terlaksana dengan baik jadinya tidak ada dampak terlihat dari pelaksanaan program-program itu tidak terkena dampak,” pungkasnya.

Sebelumnya, tiga calon dari kader PKS telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk mengukur kelayakan calon duduk di kursi DKI 2. Ketiganya, yakni Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, mantan Wakil Wali Kota Bekas Ahmad Syaikhu, dan Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi.

(mhd)

Sumber: https://metro.sindonews.com/read/1381183/171/anies-baswedan-akan-dapatkan-2-nama-cawagub-pekan-depan-1550844916


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2