Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Pengadilan Rusia Perpanjang Masa Tahan Tersangka Mata-mata AS

loading…

MOSKOW – Sebuah pengadilan di Moskow, Rusia, memperpanjang penahanan tersangka mata-mata dan mantan anggota Marinir Amerika Serikat (AS) Paul Whelan selama tiga bulan. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pengacaranya.

Vladimir Zherebenkov mengatakan pengadilan memerintahkan Whelan ditahan hingga 28 Mei, ketika dia akan muncul di pengadilan lagi. Perpanjangan masa tahanan itu diminta oleh Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) seperti dilansir dari CBS News, Sabtu (23/2/2019).

Whelan, yang memiliki kewarganegaraan AS, Inggris, Kanada, dan Irlandia, menyangkal tuduhan terhadapnya.

Baca Juga:

BBC melaporkan Whelan dibawa ke pengadilan pada hari Jumat dengan diborgol dan terlihat sedih. Ketika ditanya bagaimana keadaannya, “Dia berhenti dan tersenyum lemah tetapi tidak berkomentar,” tulis BBC.

Whelan ditahan di Moskow pada akhir Desember lalu ketika menghadiri pernikahan, kata keluarganya. Pada 22 Januari, pengadilan Rusia menolak permintaan pembebasan dengan jaminan. Sebaliknya, penahanannya malah diperpanjang hingga 28 Februari sambil menunggu pengadilan atas tuduhan spionase, menurut kantor berita Interfax yang dikelola pemerintah Rusia.

Sumber-sumber intelijen dan Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada CBS News bahwa mereka yakin Whelan bukan mata-mata.

Keluarga Whelan, yang juga menyangkal tuduhan terhadapnya, mengatakan Zherebenkov dipilih untuk menjadi pengacaranya.

Zherebenkov mengatakan Whelan ditemukan di hotelnya pada saat penangkapannya dengan sebuah flash disk yang berisi “rahasia negara” Rusia. Namun, dia tidak menjelaskan bagaimana Whelan memiliki informasi itu di dalam flash disknya dan mengatakan kliennya tidak sadar bahwa pemerintah Rusia menganggap materi itu sensitif.

“Saya telah bekerja sebagai penyelidik selama 20 tahun dan jika saya memiliki sepotong bukti memberatkan yang tak terbantahkan, saya kemudian akan meletakkan kartu terkuat saya di atas meja, untuk menghancurkan lawan. Dalam hal ini saya tidak melihat itu,” tutur Zherebenkov setelah sidang.

Dia menambahkan bahwa penuntut tidak memiliki bukti kuat untuk mendukung tuduhannya.

Whelan telah bekerja untuk perusahaan suku cadang mobil yang berbasis di Michigan sejak 2017. Saat ini ia adalah direktur keamanan global. Dia telah menghabiskan 14 tahun di Korps Marinir AS sebelum dipecat pada 2008 karena perilaku buruk.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1381286/41/pengadilan-rusia-perpanjang-masa-tahan-tersangka-mata-mata-as-1550887774


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2