Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Tiga Langkah agar Perguruan Tinggi Jadi Universitas Berkelas Dunia

loading…

JAKARTA – Ketua Majelis Wali Amanah (MWA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Syafruddin mengatakan, terdapat tiga kunci utama yang harus dilakukan dalam mengembangkan metode pendidikan guna mewujudkan sebuah perguruan tinggi andal dan berkelas dunia.

Pertama, dibutuhkan model pendidikan yang terus beradaptasi dengan perubahan saluran lapangan kerja di masa depan. Kedua, sebagian besar pembelajaran perlu diproyeksikan agar 65% mahasiswa akan bekerja untuk profesi yang tidak hadir di masa sekarang.

Ketiga, membuka cakrawala para masiswa agar selalu dapat menemukan peluang baru dan inovasi sehingga mereka menyadari jalur profesi sesungguhnya.

Baca Juga:

“Mari berjuang untuk membuat perubahan yang luar biasa, butuh kerja keras, komitmen kuat dan kebersamaan kita semua untuk mewujudkan Universitas Hasanuddin yang handal dan berkelas dunia,” kata Syafruddin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/3/2019).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) ini menekankan pentingnya pembangunan kualitas sumber daya manusia sebagai jaminan masa depan suatu bangsa melalui jalur pendidikan memiliki peran sangat penting.

Berdasarkan riset yang dilakukan Bank Dunia menyatakan di seluruh negara maju, kekayaan sumber daya manusia (SDM) adalah proporsi terbesar dari total kekayaan negara.

Sehingga, kata dia, Unhas harus dapat menciptakan SDM dengan kemampuan global sesuai dengan perubahan zaman untuk memenuhi kebutuhan.

"Pendidikan bukan hanya tentang bagaimana mengajar skill dan pengetahuan untuk para mahasiswa, tetapi tentang bagaimana upaya melampaui penyebaran nilai-nilai, membangun karakter dan integritas yang membantu generasi muda bangsa menjadi masyarakat global di masa depan,” ujar mantan Wakapolri itu.

Dia mengungkap tantangan mewujudkan perguruan tinggi berkelas dunia, yakni kemampuan dari lembaga pendidik dan tenaga pendidik untuk mengadopsi perubahan pengetahuan dan teknologi secara cepat agar dapat menginduksi generasi milenial dan berperan dalam peradaban yang baru.
Revolusi Industri 4.0 akan menjadi ruang dan area bermain utama bagi para generasi millenial dalam upaya pembangunan bangsa di masa mendatang.

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1390141/144/tiga-langkah-agar-perguruan-tinggi-jadi-universitas-berkelas-dunia-1553583384


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2