Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Ini Kelebihan Pelayanan Haji 2019 Menurut Kemenag

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Agama menyatakan bahwa jamaah haji 2019 akan menerima lebih banyak kelebihan meski biaya haji tahun ini relatif sama dibanding tahun lalau. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, hal itu sebagai bentuk komitmen Kemenag untuk membenahi penyelenggaraan haji di Indonesia.

Ia memaparkan, salah satu yang menjadi perbaikan pelayanan haji tahun 2019 adalah penambahan jalur cepat (fast track) bagi jamaah haji Indonesia. Dengan kebijakan ini, diyakini penyelesaian dokumen perjalanan, termasuk rekam biometrik, dilakukan sejak di embarkasi.

"Jika tahun lalu masih uji coba di embarkasi Jakarta, maka tahun ini diharapkan layanan fast track bisa diberlakukan pada embarkasi lainnya," kata Menag di kantor Kementerian Agama pada Jumat (05/04/2019).

Selain itu, jemaah haji Indonesia akan menikmati tenda ber-AC selama berada di Arafah. "Kalau tahun lalu belum ber-AC, tahun ini seluruh tenda Arafah akan difasilitasi dengan AC," sambung Menag.

Menag juga menyampaikan, sistem zona daerah akan diterapkan dalam haji 2019. Nantinya penempatan pemukiman jemaah akan dilakukan berdasarkan tujuh zona daerah. Yaitu Syisah, Raudhah, Misfalah, Jarwal, Mahbas Jin, Rey Bakhsy, dan Aziziyah.

Menurut Menag, sistem zonasi ini didasarkan pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, di mana penempatan jemaah kloter yang bercampur di setiap sektor banyak mengalami kendala, salah satunya terkait bahasa.

"Dengan sistem zona ini diharapkan petugas tidak lagi kesulitan dalam berkomunikasi karena memiliki kesamaan bahasa," ujarnya.

Selain itu, kata Menag, layanan katering juga akan diusahakan sesuai dengan rasa makanan khas masing-masing daerah. Dengan demikian, rasa makanan katering semakin variatif sehingga jemaah tidak merasa bosan.

Penulis: Qoid
Sumber: kemenag.go.id

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/04/06/ini-kelebihan-haji-2019-menurut-kemenag/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2