Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

IPB Teken Kerja Sama dengan Seoil University, Korea

Korea aktif menjalin kerja sama internasional dalam bidang pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr  Arif Satria melakukan penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) dengan Seoil University, Korea di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4).

Dalam sambutannya,  rektor IPB memberikan gambaran bagaimana reputasi  dan prestasi IPB di dalam dan luar negeri. Melalui kerja sama ini rektor  IPB ingin mendorong kerja sama dengan Korea agar kian meningkat khususnya di bidang pendidikan, penelitian dan  inovasi.

"Kita tahu Korea banyak memiliki sejumlah inovasi yang bagus. Kita berharap pertukaran mahasiswa yang lebih intensif antara Korea dan Indonesia. Tidak hanya mahasiswa dari  Indonesia ke Korea, tapi akan semakin banyak orang Korea ke Indonesia. Ini juga dalam rangka membidik perguruan tinggi Korea yang menengah, agar para mahasiswa tertarik untuk  ikut program-program yang disediakan IPB di antaranya: summer course, credit transfer dan Kuliah Kerja Nyata (KKN)," papar rektor IPB seperti dikutip dalam rilis IPB yang diterima Republika.co.id, Jumat (26/4).

Musyarafah Machmud, MA, founder and managing director Korean Institute for Education and Culture (KIEC) menyampaikan, sekarang ini Korea aktif menjalin kerja sama internasional dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini,  KIEC merupakan perwakilan resminya.

"Saya berharap, IPB bisa kerja sama dalam bidang penelitian bersama, joint program, exchange program antara mahasiswa atau dosen dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kami juga sudah banyak kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia," ungkapnya.

Kepala Sub  Direktorat Kerja Sama dan Hubungan  Internasional IPB, Dr Ing Dase Hunaefi, STP, MFoodST menyampaikan latar belakang kerja sama ini terjalin.  "IPB juga saat ini sedang menguatkan kerja sama ke Asia. Kerja sama luar negeri juga ternyata terbukti membantu mengembangkan QS Ranking, salah satunya dengan Seoil University ini," ujarnya. 

Ia menambahkan, meskipun Seoil University terkategori private university, ternyata ukurannya cukup besar sebagai private university. Selain itu, kedua dari segi jumlah mahasiswa. 

University Seoil berkeinginan untuk mengikuti summer course terkait ecotourism. "Untuk mewujudkan hal tersebut berarti summer course-nya berada di Fakultas Kehutanan dan Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan," ucap Dase. 

Menurut Dase, rencananya mahasiswa Seoil University akan datang mengikuti summer course sekitar bulan Juli mendatang. Dari Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB juga akan menindaklanjuti untuk kuliah beberapa jam di Korea dalam waktu dekat.

Ia mengungkapkan, Seoil University dikenal kompeten di bidang biotechnology farmaceutical. Mereka banyak bergerak di farmaceutical cosmetic yang banyak berhubungan dengan biofarmaka. 

"Boleh jadi bidang biotechnology farmaceutical dapat menjadi kelanjutan kerja sama bisa ke arah riset namun biasanya dalam kerja sama diawali dengan mobilisasi mahasiswa," kata Dase seraya menambahkan, kerja sama luar negeri IPB meningkat 42 persen pada inbound summer course.

Sumber: https://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/pqp9og374/ipb-teken-kerja-sama-dengan-seoil-university-korea


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2