Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Korban Banjir dan Longsor Bengkulu Bertambah, 17 Orang Meninggal

KIBLAT.NET, Jakarta – Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa korban meninggal pasca banjir dan longsor di Bengkulu terus bertambah. Hingga kini, tercatat 17 orang meninggal akibat bencana tersebut.

"Hingga 28/4/2019 pukul 19.00 WIB, tercatat 17 orang meninggal dunia, 9 orang hilang, 2 orang luka berat dan 2 orang luka ringan. Sebaran dari 17 orang meninggal dunia terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah 11 orang, Kota Bengkulu 3 orang, dan Kabupaten Kepahiang 3 orang," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net

Ia juga memaparkan bahwa 12.000 orang mengungsi yang tersebar doi banyak tempat dan 13.000 orang terdampak bencana. Sedangkan kerusakan fisik, kata dia, meliputi 184 rumah rusak, 7 fasilitas pendidikan dan 40 titik sarana prasarana infrastruktur.

Sutopo menilai, kendala yang dihadapi dalam penanganan darurat saat ini adalah sulitnya untuk menjangkau ke lokasi titik-titik banjir dan longsor. Sebab, seluruh akses ke lokasi kejadian terputus total. koordinasi dan komunikasi ke Kabupaten/ Kota juga cukup sulit dilakukan karena aliran listrik banyak yang terputus

"Pendistribusian logistik terhambat karena akses jalan banyak yang terputus karena banjir dan longsor. Titik lokasi bencana banjir dan longsor sangat banyak sedangkan jarak antar titik banjir dan longsor berjauhan, sehingga menyulitkan untuk mencapai semua lokasi," paparnya.

Ia juga menyebutkan, kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsian, perahu karet,  selimut, makanan siap saji, air bersih, family kid, peralatan bayi, lampu emergency. Selain itu, peralatan rumah tangga untuk membersihkan lumpur dan lingkungan, sanitasi, dan tenaga relawan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/04/29/korban-banjir-dan-longsor-bengkulu-bertambah-17-orang-meninggal/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2