Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Tiga Kabupaten di Jabar Urutan Teratas Sering Bencana

Cianjur, Garut dan Sukabumi jadi wilayah di Jabar yang sering mengalami bencana

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan tiga kabupaten yaitu Cianjur, Garut dan Sukabumi menempati urutan teratas sebagai wilayah yang sering mengalami bencana. Hal itu berdasarkan indeks kerawanan bencana di seluruh Indonesia.

“Karena sering bencana, Cianjur, Garut dan Sukabumi jadi top three Indonesia di Jawa Barat. Ini menjadi perhatian yang ekstra,” ujarnya kepada wartawan saat menghadiri Hari Kesiapsiagaan Bencana di Sesko AU Lembang, Jumat (26/4).

Menurutnya, tiga kabupaten tersebut berada dalam kondisi kecuraman dan kerawanan bencana sehingga Pemprov memberikan perhatian yang lebih kepada tiga kabupaten tersebut. Ia pun menambahkan, sejak 2013 hingga 2018, jumlah bencana di Jawa Barat mencapai 6000 laporan kebencanaan. Dengan estimasi pertahun mencapai 1000 lebih bencana dan perhari tiga laporan bencana.

Menurutnya, pihaknya terus melakukan upaya preventif dalam mengatasi permasalahan kebencanaan. Termasuk keberadaan relawan bela alam yang harus mengedukasi warga Jawa Barat untuk memahami potensi kebencanaan.

“Sekarang modal ponsel bisa mengedukasi masyarakat. Kita geser keriuhan masyarakat ulah (jangan) pilpres wae (aja). Fokus masa depan. Jadi kita harus paling siap dan tangguh menghadapi kebencanaan,” katanya.

Di Jawa Barat, dirinya menambahkan karakteristik alam dari wilayah tengah ke Utara relatif datar. Sehingga bencana yang ada seperti banjir. Kemudian dari tengah ke Selatan Jabar terdiri dari bukit yang curam. Sehingga bencana kebanyakan longsor.

“Kita siapkan cetak biru bencana, mudah- mudahan 2019 selesai. Kita memuat ketangguhan bencana dan kurikulum. Anak di Jabar wajib mengikuti,” ungkapnya.

Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/pemprov-jabar/pqjva1335/tiga-kabupaten-di-jabar-urutan-teratas-sering-bencana


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2