Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Wanita Penerobos Mar-a-Lago Diduga Terkait dengan Spionase China

loading…

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, penangkapan Yujing Zhang adalah contoh ancaman Beijing kepada AS. Yujing Zhang adalah wanita yang diduga melanggar keamanan di klub pribadi Presiden AS Donald Trump yang membawa paspor China dan flash disk yang mengandung malware.

Baca juga: Bawa Malware ‘Jahat’, Wanita China Masuk Resor Mar-a-Lago Trump

Namun Pompeo memberikan penjelasan lebih lanjut terkait pernyataannta itu.

Baca Juga:

“Saya pikir (kejadian) ini memberi tahun orang-orang Amerika ancaman yang ditunjukkan oleh China, upaya yang mereka lakukan di Amerika Serikat, bukan hanya terhadap pejabat pemerintah tetapi lebih luas,” tuturnya selama wawancara di acara CBS This Morning seperti dikutip dari CNN, Sabtu (6/4/2019).

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa mereka ragu untuk menafsirkan makna yang tepat dari komentar Pompeo, hanya mengatakan bahwa pernyataan Pompeo berbicara untuk dirinya sendiri.

Sementara para penyelidik belum mengungkapkan bukti konklusif yang menunjukkan adanya kaitan dengan spionase China, pelanggaran tersebut telah menyoroti keprihatinan yang telah lama muncul tentang keamanan di Mar-a-Lago.

Mar-a-Lago memungkinkan anggota, tamu mereka dan orang-orang yang menghadiri acara di klub untuk masuk dan keluar, bahkan ketika Trump sering mengunjungi klub.

Sifat unik Presiden yang menjalankan bisnis resmi di lokasi semi-publik – bukan di Gedung Putih atau retret yang disukai oleh presiden-presiden sebelumnya – adalah penting secara internasional hanya beberapa hari sebelum waktunya untuk bekerja, ketika ia dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe terlihat merespons secara real time untuk peluncuran rudal Korea Utara.

Kemudian pada tahun yang sama, Trump menjamu Presiden China Xi Jinping di Mar-a-Lago ketika AS melakukan serangan udara ke Suriah dan dua pemimpin dunia memakan “sepotong kue cokelat paling indah yang pernah Anda lihat,” seperti yang dikatakan Trump. .

Potensi minat oleh China di Mar-a-Lago telah menarik perhatian khusus. Partai Demokrat telah menyerukan penyelidikan baru FBI ke dalam hubungan nyata seorang wanita Florida dengan Trump, dengan fokus pada apakah Cindy Yang secara ilegal berusaha untuk meningkatkan hubungannya dengan Presiden dengan menjual akses ke klien China.

Zhang didakwa membuat pernyataan palsu kepada petugas federal dan memasuki area terlarang pada hari Senin. Sidang penahanan dijadwalkan pada hari Senin dan dakwaan pada 15 April.

CNN memperoleh audio dari sidang hari Senin, di mana Zhang dapat terdengar berbicara dalam bahasa Inggris yang tidak jelas dan meminta bantuan seorang penerjemah. Dia membaca tuduhan terhadapnya dan diberitahu bahwa dia bisa menghadapi hukuman enam tahun penjara.

Seorang jaksa federal menyebut Zhang berisiko melarikan diri dan mengatakan ia tidak memiliki hubungan dengan AS atau daerah Mar-a-Lago. Seorang jaksa juga mengatakan konsulat China diberitahu tentang penangkapan Zhang pada hari itu terjadi.

“Republik Rakyat China sangat menyadari fakta bahwa dia telah ditangkap,” kata Asisten Jaksa Agung AS John McMillan.

CNN melaporkan pada hari Rabu bahwa FBI telah mulai menyelidiki kemungkinan bahwa insiden di properti Trump-Mar-a-Lago adalah upaya spionase.

Pejabat AS yang mengkonfirmasi penyelidikan spionase mengatakan FBI melakukan apa yang harus dilakukan dalam keadaan ini, ketika ada warga asing yang terlibat dan kemungkinan masalah kontra intelijen atau cybersecurity.

Namun Trump menepis kekhawatiran tentang insiden itu ketika ditanya tentang potensi spionase China. “Tidak, aku tidak khawatir sama sekali,” katanya.

Presiden menggambarkannya sebagai situasi kebetulan, memuji Dinas Rahasia dan resepsionis yang menghentikan Zhang.

“Hasilnya adalah mereka bisa mendapatkannya, dan dia sekarang menderita konsekuensinya,” ujarnya.

Sementara FBI belum mengungkapkan apakah insiden itu terkait dengan aksi spionase China, Pompeo mengatakan pada hari Rabu bahwa para penyelidik mengamati dengan seksama pada kemungkinan itu dan menyebut pelanggaran tersebut dapat dihubungkan dengan upaya yang lebih luas dari China untuk mencuri kekayaan intelektual Amerika.

Masalah itu sedang dibahas selama pembicaraan perdagangan antara Washington dan Beijing, tambah Pompeo.

“Itu salah satu topik yang sedang dibahas dalam negosiasi perdagangan ini. Pencurian kekayaan intelektual Amerika adalah bisnis besar, hingga ratusan miliar dolar, dan Presiden Trump bertekad untuk mendorongnya,” ucapnya.

Sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders pada Jumat mengatakan bahwa putaran terakhir pembicaraan perdagangan antara AS dan China telah berakhir, mencatat bahwa kedua pihak “membuat kemajuan” tetapi “pekerjaan yang signifikan tetap.”

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1393362/42/wanita-penerobos-mar-a-lago-diduga-terkait-dengan-spionase-china-1554536772


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2