Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Fed cenderung abaikan permintaan Trump untuk pangkas suku bunga

Mungkin akan ada diskusi pada pertemuan ini tentang berapa ambang batas yang seharusnya untuk menurunkan suku bunga

Washington (ANTARA) – Federal Reserve AS cenderung akan mengabaikan tekanan Presiden Donald Trump untuk memangkas suku bunga, diperkirakan akan mempertahankan biaya pinjaman tidak berubah pada Rabu waktu setempat, karena mempertahankan sikap kebijakan moneter “sabar” di tengah pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Trump, yang menuduh bank sentral AS meremehkan upayanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, mengatakan di Twitter pada Selasa (30/4) bahwa The Fed harus memangkas suku bunga acuannya sebesar poin persentase penuh dan memperbarui program pelonggaran kuantitatif yang melihatnya memompa triliunan dolar ke dalam ekonomi dalam menanggapi krisis keuangan dan resesi 2007-2009.

Pejabat-pejabat Fed berada di tengah pertemuan kebijakan dua hari mereka, ketika Trump membuat komentarnya.

Saran yang tidak lazim – lebih sesuai dengan apa yang mungkin dianjurkan oleh para ekonom tentang spektrum politik paling kiri – kemungkinan tidak diindahkan oleh bank sentral yang memandang target suku bunga saat ini sesuai untuk menjaga pertumbuhan ekonomi AS.

Pemerintah AS melaporkan minggu lalu bahwa ekonomi tumbuh pada laju tahunan 3,2 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini, mengejutkan para pejabat Fed yang telah memperkirakan data akan menunjukkan perlambatan.

Pengusaha-pengusaha AS menambahkan hampir 200.000 pekerjaan pada Maret, bukti penguatan lanjutan di pasar tenaga kerja dan tanda juga bahwa kenaikan suku bunga The Fed pada 2018 tidak membatasi ekonomi.

Dengan tidak ada alasan yang jelas untuk menurunkan atau menaikkan suku bunga pada titik ini, fokus pada Rabu adalah tentang apakah penentu kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) memberikan sinyal baru tentang kemungkinan rencana-rencananya, kata analis Cornerstone Macro, Roberto Perli.

“Mungkin akan ada diskusi pada pertemuan ini tentang berapa ambang batas yang seharusnya untuk menurunkan suku bunga,” tulis Perli dalam sebuah catatan pada Selasa (30/4/2019). “Tetapi mengingat keragaman pendapat dan kurangnya kebutuhan yang jelas untuk keputusan segera, tampaknya tidak mungkin (FOMC) akan menyetujui sesuatu yang spesifik sekarang dan dapat mengirim sinyal yang jelas.”

The Fed telah menaikkan suku bunga empat kali tahun lalu, mengangkat suku bunga acuannya ke kisaran 2,25 persen hingga 2,50 persen. Setelah kenaikan suku bunga terakhir pada Desember, The Fed menghadapi kritik tajam dari Trump.

Beberapa pembuat kebijakan bank sentral mengutip inflasi yang sedang berlangsung lemah, masih jauh di bawah target The Fed sebesar dua persen, sebagai pertanda mungkin suku bunga terlalu tinggi.

The Fed akan merilis pernyataan kebijakan terbaru pada pukul 14.00 waktu setempat (1800 GMT). Ini tidak akan memberikan proyeksi ekonomi atau suku bunga baru, tetapi Ketua Jerome Powell dijadwalkan untuk mengadakan konferensi pers segera setelah itu.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/852323/fed-cenderung-abaikan-permintaan-trump-untuk-pangkas-suku-bunga


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2