Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Gelombang serangan bom targetkan ambulans dan pekerja bantuan di Idlib

IDLIB (Arrahmah.com) – Pekerja bantuan asing, relawan medis dan ambulans menjadi sasaran dalam gelombang pemboman di provinsi Idlib.

Dalam serangan terbaru di lingkungan Al-Thawra di Kota Idlib, sebuah alat peledak improvisasi meledak saat akan ditempatkan di bawah mobil yang digunakan oleh pekerja bantuan Inggris, menewaskan seorang penyerang, lansir MEE (8/5/2019).

Mohammed Shakiel Shabir, yang telah bermarkas secara permanen di Suriah selama empat tahun terakhir, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa ia yakin ia telah menjadi sasaran pemboman, setelah beberapa serangan terhadap kendaraan yang digunakan oleh petugas medis dan pekerja bantuan.

Dia mengatakan mobilnya, Nissan Pathfinder, biasa digunakan sebagai ambulans darurat, dan bahwa dua kendaraan serupa telah meledak dalam beberapa pekan terakhir.

Shakiel mengatakan ledakan itu terjadi setelah dia memarkir mobil di luar rumahnya, di mana dia menjadi tuan rumah bagi beberapa orang pada akhir hari pertama puasa Ramadhan.

"Saya biasanya tidak parkir di luar. Saya baru saja akan turun untuk memeriksa mobil ketika itu meledak," ujarnya.

Shakiel mengatakan, seorang bomber mengalami gangguan ketika dia berupaya menanam bom di bawah kendaraannya, tanpa sengaja memicu perangkat, yang tampaknya telah diledakkan oleh sensor gerak.

Foto menunjukkan kerusakan parah pada bagian depan dan belakang mobil, dan meluai anggota Pertahanan Sipil Suriah, yang biasa disebut White Helmets, di lokasi kejadian.

Penyerang tewas karena luka-lukanya beberapa jam kemudian. Shakiel mengatakan pasukan keamanan telah menangkap tersangka lain.

Insiden itu adalah yang paling baru dalam serangkaian serangan bom improvisasi yang telah menewaskan sedikitnya satu paramedis, satu lainnya terluka parah dan beberapa ambulans hancur, menurut laporan setempat.

Paramedis terbunuh

Dalam sebuah video yang diposting di Facebook pada 1 Mei, Shajul Islam, seorang dokter Inggris di Idlib, mengatakan bahwa seorang anggota kru ambulans telah terbunuh dan seorang lainnya terluka oleh bom yang meledak di bawah kendaraan mereka pada hari sebelumnya.

"Hari lainnya dan ambulan lain ditargetkan oleh IED. Dalam perang ini, sayangnya kami petugas medis adalah target pertama," tulis Islam dalam postingan lain.

Islam mendesak untuk mereka yang berisiko agar dipasang lapisan logam di kaki dengan baik dan di bawah kursi mobil mereka untuk melindungi mereka dari pecahan peluru, dan juga untuk memasang terpal aluminium di bawah kendaraan mereka untuk mempersulit menyembunyikan bom.

"Ini adalah situasi keamanan yang sangat buruk sekarang," Bilal Abdul Kareem, seorang jurnalis Amerika di Idlib dan seorang juru bicara untuk Unity Project, sebuah kelompok payung yang mewakili ekspatriat sipil di provinsi itu, mengatakan kepada MEE.

"Ini adalah kenyataannya. Anda meninggalkan mobil Anda dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Itu terjadi beberapa kali dalam beberapa minggu terakhir kepada saudara-saudara asing yang ada di sini.

"Kamu benar-benar tidak bisa meninggalkan mobilmu. Anda harus memeriksanya apakah ada bahan peledak."

Serangan terhadap relawan asing terjadi ketika Idlib tengah menghadapi pemboman udara oleh pasukan rezim Asad dan Rusia yang telah menghancurkan beberapa rumah sakit, menewaskan puluhan orang dan membuat ribuan lainnya mengungsi dari rumah mereka.

Shakiel, yang sering bergabung dengan upaya pencarian dan penyelamatan untuk menarik korban selamat dari puing-puing setelah serangan udara, mengatakan ia telah terluka oleh kekuatan ledakan saat menanggapi satu insiden seperti itu minggu lalu.

"Tapi kami masih bekerja, berusaha menyediakan keranjang makanan untuk bulan Ramadhan. Kami akan terus bekerja keras untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa kami bersama mereka," ungkapnya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Sumber: https://www.arrahmah.com/2019/05/10/gelombang-serangan-bom-targetkan-ambulans-dan-pekerja-bantuan-di-idlib/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2