Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Pentagon: Cina Akan Bangun Pangkalan Militer di Seluruh Dunia

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Pertahanan AS, mengatakan bahwa Cina akan menambah pangkalan militer di seluruh dunia untuk melindungi investasinya dalam program infrastruktur global One Belt One Road (OBOR).

Beijing saat ini hanya memiliki satu pangkalan militer luar negeri, di Djibouti. Namun, negara itu diyakini merencanakan yang lain, termasuk di Pakistan, karena berusaha memproyeksikan dirinya sebagai negara adidaya global.

"Kemajuan proyek-proyek China seperti 'One Belt, One Road' Initiative (OBOR) mungkin akan mendorong pangkalan militer di luar negeri melalui kebutuhan yang dirasakan untuk menyediakan keamanan bagi proyek-proyek OBOR," kata Pentagon dalam laporan tahunannya pada Kamis (02/05/2019) kepada Kongres mengenai militer Cina dan perkembangan keamanan.

"Cina akan berusaha untuk membangun pangkalan militer tambahan di negara-negara yang memiliki hubungan persahabatan yang lama dan kepentingan strategis serupa, seperti Pakistan, dan di mana ada preseden untuk menampung militer asing," kata laporan itu.

Upaya itu dapat dibatasi oleh kekhawatiran negara lain untuk menjadi tuan rumah kehadiran penuh Tentara Pembebasan Rakyat milik Cina. Lokasi target untuk pangkalan militer dapat mencakup Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Pasifik barat.

Laporan itu muncul ketika Pentagon juga memperingatkan bahwa kegiatan Cina yang semakin dalam di kawasan Arktik juga dapat membuka jalan bagi kehadiran militer yang diperkuat, termasuk penyebaran kapal selam untuk bertindak sebagai pencegah terhadap serangan nuklir.

Penilaian tersebut dimasukkan dalam laporan tahunan militer AS kepada Kongres tentang angkatan bersenjata Cina.

Laporan Pentagon mencatat bahwa Denmark telah menyatakan keprihatinan tentang minat Cina terhadap Greenland, terkait pembangunan stasiun penelitian, membangun stasiun darat satelit, merenovasi bandara, dan memperluas pertambangan.

"Penelitian sipil dapat mendukung kehadiran militer Cina yang diperkuat di Samudra Arktik, yang dapat mencakup pengerahan kapal selam ke wilayah itu sebagai pencegah terhadap serangan nuklir," kata laporan itu.

Cina telah mendirikan pos-pos bersenjata lengkap di atol yang diperebutkan yang dibangunnya di Laut Cina Selatan. Tahun lalu, dilaporkan ada diskusi tentang sebuah pangkalan di koridor Wakhan di barat laut Afghanistan.

Selain itu, The Washington Post baru-baru ini mengidentifikasi sebuah pos yang menampung banyak pasukan Cina di Tajikistan timur, dekat persimpangan strategis Koridor Wakhan, Cina, dan Pakistan.

Presiden Cina Xi Jinping telah berupaya untuk memproyeksikan kekuatan negara di luar negeri, termasuk di Asia Timur dan Tenggara. Selain itu, memperkuat kehadiran negara di lembaga-lembaga internasional, memperoleh teknologi penerbangan terbaik dan membangun keberadaan ekonomi yang kuat di seluruh dunia.

"Termasuk memproyeksikan kekuatan militer negara itu di darat, laut dan di luar angkasa," kata laporan itu.

"Para pemimpin Cina memanfaatkan kekuatan ekonomi, diplomatik, dan militer Cina yang sedang tumbuh untuk membangun keunggulan regional dan memperluas pengaruh internasional negara itu," tambahnya.

Sumber: The Guardian
Redaktur: Ibas Fuadi

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/05/03/pentagon-cina-akan-bangun-pangkalan-militer-di-seluruh-dunia/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2