Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Soal Venezuela, Rusia dan AS Tidak Bisa Bersatu

loading…

TASHKENT – Rusia dan Amerika Serikat (AS) memiliki posisi yang tidak kompatibel dalam urusan Venezuela, namun Moskow siap untuk berbicara dengan Washington. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

“Meskipun Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan saya sepakat untuk melanjutkan kontak, saya tidak melihat bagaimana mungkin untuk menggabungkan posisi kami,” kata Lavrov kepada wartawan di ibukota Uzbekistan, Tashkent.

Dikatakan oleh Lavrov, di satu sisi, pendekatan yang dilakukan oleh Rusia didasarkan pada Piagam PBB dan prinsip-prinsip serta norma-norma hukum internasional.

Baca Juga:

“Amerika Serikat, di sisi lain, menunjuk penjabat presiden negara lain, mengharuskan pihak berwenang yang sah untuk menyerah, dan mengancam akan menggunakan kekuatan bersama dengan sanksi ‘mencekik’ untuk mengubah pemerintah,” urai Lavrov seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (3/5/2019).

Menanggapi campur tangan AS dalam urusan internal Venezuela, diplomat top Rusia itu mengatakan pihaknya akan memobilisasi sekelompok negara yang menghormati Piagam PBB untuk menangkal rencana AS.

“Kelompok seperti itu dibentuk di PBB. Saya berharap akan mendapat dukungan serius dalam organisasi,” harapnya.

Dalam percakapan telepon dengan Pompeo pada hari Rabu, Lavrov mencatat situasi terakhir di Venezuela di mana oposisi berusaha merebut kekuasaan dengan dukungan nyata dari Amerika Serikat.

Rusia menekankan bahwa campur tangan Washington dalam urusan internal negara berdaulat dan ancaman terhadap kepemimpinannya merupakan pelanggaran berat hukum internasional.

Baca juga: Rusia Peringatkan AS: Intervensi di Venezuela Punya Konsekuensi Serius

Pompeo, bagaimanapun, mengkritik bahwa peran Rusia di Venezuela adalah “destabilisasi” bagi negara dan mendesak Moskow untuk menghentikan dukungan untuk Presiden Nicolas Maduro.

Menurut laporan media, Lavrov dan Pompeo diperkirakan akan mengadakan pembicaraan tentang Venezuela di antara isu-isu lain di Finlandia pada hari Senin di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Dewan Arktik.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1401035/40/soal-venezuela-rusia-dan-as-tidak-bisa-bersatu-1556858440


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2