Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Bimas Islam Paparkan Program Kerja Ramah Disabilitas

KIBLAT.NET, Jakarta – Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Dr. Muhammadiyah Amin memaparkan berbagai program kerja ramah disabilitas di Bimas Islam. Salah satunya yang sudah berjalan adalah pencetakan buku fikih Braile.

"Kita sudah mengadakan Al-Quran Braile, kemudian sekarang kita cetak fikih Braile dan seterusnya," tutur Amin dalam sambutannya di acara "Pelatihan Literasi Informasi Bagi Generasi Milenial" yang digelar di Hotel Aston Kartika, Jakarta Barat pada Senin (24/06/2019).

Selain itu, setiap tahun Bimas Islam juga menggelar lomba Al-Quran bagi penyandang cacat netra.  Untuk kedepannya, Bimas Islam juga telah mencanangkan program Masjid Ramah Disabilitas. Amin mengatakan, program ini telah masuk dalam rancangan anggaran dan akan mulai berjalan pada 2020 nanti.

Dirjen Bimas Islam juga menyampaikan keprihatinan atas masih adanya disabilitas yang diusir atau tidak diperbolehkan memasuki masjid dengan berbagai alasan.

"Karena yang masuk masjid tidak semua normal. Diantaranya tadi yang saya katakan, biasanya karena alasan kursi roda mereka tidak bersih, oleh pengurus masjid dilarang masuk," katanya.

Untuk itu, dalam program Masjid Ramah Disabilitas nanti salah satunya akan berfokus pada pengadaan kursi roda. Sehingga, penyandang disabilitas yang akan memasuki masjid dapat menggunakan kursi roda yang tersedia.

"Termasuk didalamnya tempat wudhu untuk disabilitas yang tentu saja berbeda dengan tempat wudhu orang lain," pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Rusydan

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/06/25/bimas-islam-paparkan-program-kerja-ramah-disabilitas/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2