Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Dua Kali Tubuh Kanselir Jerman Merkel Gemetar saat Acara Resmi

loading…

BERLIN – Kondisi kesehatan Kanselir Jerman Angela Merkel kian menuai kekhawatiran. Tubuh politisi sayap kanan tengah berusia 64 tahun itu gemetar saat upacara di Berlin, kemarin. Dia memegang erat tangannya sebelum tubuhnya kembali normal untuk menjabat tangan Menteri Keadilan baru. Seperti dilansir BBC, kondisi itu berlangsung sekitar lebih dari semenit. Merkel sempat ditawari air minum.

Namun, dia tidak meminumnya. Juru Bicara Kanselir Jerman, Steffen Seibert, mengatakan, Merkel bahkan akan tetap berangkat ke Jepang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. "Semuanya akan berjalan sesuai rencana. Kanselir baik-baik saja," ujar Seibert. Meski Eropa sedang dilanda gelombang panas, suhu di Bellevue Castle, Berlin selama upacara diyakini terbilang dingin.

Merkel menyaksikan pelantikan Menteri Keadilan baru Chritine Lambrecht oleh Presiden Frank-Walter Steinmeier. Ini adalah keduakalinya tubuh Merkel gemetar dan dilihat luas oleh public. Sebelumnya, adalah saat dia menyambut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky sepekan lalu. Saat itu, Merkel mengaku mengalami dehidrasi setelah kehausan di tengah suhu Berlin yang tinggi.

Baca Juga:

Jika tidak mampu menunaikan tugasnya, dia akan digantikan wakilnya Olaf Scholz. Seperti dilansir TIME, seluruh tubuh Merkel goyah saat band militer melantunkan lagu kebangsaan Jerman-Ukraina. Dia mencoba bertahan dan tetap berdiri sambil menggigit bibirnya. Di akhir upacara, kondisi Merkel mulai membaik. Dia berjalan di atas karpet merah, menyambut militer, dan memberi hormat.

Sejam kemudian setelah menggelar pertemuan bilateral dengan Zelenskiy, Merkel menegaskan kepada awak media dirinya baik-baik saja. "Sejak upacara, saya sedikitnya meminum tiga gelas air yang saya perlukan. Saat ini, saya tidak mengalami keluhan apapun," ujar Merkel sambil melemparkan senyum lebar. Berdasarkan laporan media lokal DPA, ini bukan kali pertama Merkel hampir pingsan di tengah suhu panas akibat dehidrasi. Meski tidak disebutkan tanggalnya, dia pernah mengalami kondisi serupa.

Merkel juga pernah menunda wawancara dengan stasiun televisi lokal akibat mengalami lemas. Dia mampu bangkit setelah cukup makan dan minum. Sejauh ini, tidak diketahui jika Merkel yang memimpin Jerman sejak 2005 mengalami masalah kesehatan. Pemerintah Jerman sangat ketat menutup informasi tersebut.

Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kehilangan cairan sehingga tidak berfungsi dengan baik. Menurut para ahli, meski cairan yang hilang dapat diganti, kondisi itu sangat berbahaya bagi bayi dan orang lanjut usia, terutama yang mengidap penyakit. Gejalanya mudah diidentifikasi, yakni mulai dari pusing hingga kelelahan.

"Sebagian besar orang, terutama orang lanjut usia, tidak merasa haus sampai mereka akhirnya tahu-tahu sudah dehidrasi. Karena itu, sangat penting bagi mereka untuk minum lebih banyak selama musim panas atau saat sakit," ungkap pusat akademik medis non-profit, Mayo Clinic. "Tiap usia, gejalanya berbeda,"

Mayo Clinic menambahkan faktor penyebab dehidrasi rata-rata sederhana, yakni akibat kesibukan bekerja, meski sebagiannya juga bisa akibat diare, muntah, demam, berkeringat secara berlebihan, atau terlalu sering buang air kecil.

(don)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1415499/41/dua-kali-tubuh-kanselir-jerman-merkel-gemetar-saat-acara-resmi-1561674373


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2