Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Iran: Sanksi AS terhadap Khamenei berarti berakhirnya diplomasi

TEHERAN (Arrahmah.com) – Iran mengatakan pada Selasa (25/6/2019) bahwa keputusan AS untuk menjatuhkan sanksi pada pemimpin tertinggi negara itu dan pejabat tinggi lainnya secara permanen menutup jalan menuju negosiasi antara Teheran dan Washington.

"Memberlakukan sanksi yang tidak berguna pada Pemimpin Tertinggi Iran (Ayatullah Ali Khamenei) dan komandan diplomasi Iran (Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif) adalah penutupan permanen jalur diplomasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi dalam sebuah tweet.

"Pemerintahan Trump yang putus asa menghancurkan mekanisme internasional yang telah mapan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia."

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menandatangani perintah eksekutif yang akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua musuh tersebut.

Trump awalnya mengatakan kepada para wartawan bahwa sanksi, yang akan menargetkan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan kantornya, adalah sebagai tanggapan atas jatuhnya pesawat tanpa awak AS oleh Teheran minggu lalu. Teheran mengatakan pesawat tak berawak itu terbang di wilayah udaranya, yang dibantah Washington.

Kemudian, Trump mengatakan sanksi akan dijatuhkan terlepas dari insiden drone.

AS juga akan memasukkan daftar hitam Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan memblokir "miliaran" aset Iran sebagai bagian dari sanksi yang diperluas, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan Senin (24/6).

Mnuchin mengatakan kepada para wartawan bahwa Zarif akan ditambahkan ke daftar sanksi ekonomi "akhir pekan ini", menambahkan bahwa delapan komandan militer utama dari Garda Revolusi Iran kini juga telah masuk daftar hitam.

AS juga menyalahkan Iran atas serangan awal bulan ini pada dua kapal tanker minyak di pintu masuk Teluk Oman. Iran, pada gilirannya, telah membantah bahwa pihaknya yang harus disalahkan.

Washington telah berulang kali memberlakukan sanksi terhadap Teheran sejak tahun lalu, ketika AS menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran 2015 untuk mengekang program nuklir Iran dengan imbalan pelonggaran sanksi.

Pemerintahan Trump mengatakan kesepakatan yang dibuat di bawah pendahulunya Presiden Barack Obama tidak cukup.

Trump mengatakan dia akan terbuka untuk negosiasi dengan para pemimpin Iran, tetapi Teheran telah menolak tawaran itu kecuali Washington menjatuhkan sanksi.

Pemerintahan Trump ingin memaksa Teheran untuk membuka pembicaraan tentang program nuklir dan misilnya serta kegiatannya di kawasan itu.

AS juga menuduh Iran mendorong sekutu di Yaman untuk menyerang target Saudi. Dalam sebuah pernyataan bersama pada Senin (24/6), AS, Arab Saudi, UEA, dan Inggris menyatakan keprihatinan atas ketegangan Timur Tengah dan bahaya yang ditimbulkan oleh "aktivitas destabilisasi" Iran terhadap perdamaian dan keamanan di Yaman dan wilayah tersebut. (Althaf/arrahmah.com)

Sumber: https://www.arrahmah.com/2019/06/25/iran-sanksi-as-terhadap-khamenei-berarti-berakhirnya-diplomasi/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2