Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Jamin Kelancaran, Hakim MK Cek Persiapan Ruang Sidang

loading…

JAKARTA – Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), I Dewa Gede Palguna melakukan pengecekan di ruang sidang MK, guna memastikan persiapan jelang sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 yang digelar besok, Jumat 14 Juni 2019.

I Dewa Gede Palguna mengungkapkan, pengecekan fasilitas di ruang sidang perlu dilakukan untuk menjamin kelancaran jalannya persidangan besok. Karena, menurutnya kenyamanan di ruang sidang menjadi faktor penting berjalan lancarnya persidangan.

“Persidangan akan bisa berjalan dengan lancar artinya lancar bukan hanya dalam diprosesnya, tetapi juga suasana kenyamanannya dan sebagainya. Sehingga, kita coba atur di sini dengan keterbatasan ruangan yang ada,” ujar I Dewa di Ruang Sidang MK, Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Merdeka Barat, Kamis (13/6/2019).

Baca Juga:

Selain menyiapkan segala fasilitas, I Dewa Gede Palguna menyebut pihaknya juga telah melakukan serangkaian bimbingan teknis (bimtek) kepada gugus petugas di MK. Tidak hanya itu, bimtek juga diberikan kepada pihak pemohon, termohon, terkait dan pemberi keterangan.

“Itu sudah kita lakukan secara berjenjang dan tersosialisasi dengan baik. Ini kan kita tinggal menunggu hari H-nya saja,” jelasnya.

Dari pantauan di lokasi, Ruang Sidang MK berada di lantai 2 Gedung Mahkamah Konstitusi. Di dalam ruang tersebut tersedia 9 kursi Hakim MK yang akan menangani sidang PHPU Pilpres 2019.

Posisi kursi Ketua Hakim MK, Anwar Usman berada di bagian tengah di antar delapan hakim MK lainnya. Di sisi kanan kursi Ketua Hakim MK Anwar Usman secara berurutan di isi oleh Wakil Ketua Hakim MK Aswanto, Hakim MK Enny Nurbaningsih, Hakim MK Suhartoyo dan Hakim MK Wahiduddin Adams. Kemudian di sisi kiri Ketua Hakim MK Anwar Usman secara berurutan di isi oleh Hakim MK I Dewa Gede Palguna, Hakim MK Saldi Isra, Hakim MK Arief Hidayat, dan Hakim MK Manahan M.P Sitompul.

Kemudian, di sisi depan sebelah kanan meja hakim terdapat kursi untuk pihak pemohon Tim Hukum Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Selanjutnya, tepat di depan meja hakim terdapat kursi untuk pihak terkait Tim Hukum Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan di sebelah kanannya persisi disediakan kursi untuk pihak pemberi keterangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku pihak termohon berada di sisi kiri dari meja hakim.

(pur)

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1411337/12/jamin-kelancaran-hakim-mk-cek-persiapan-ruang-sidang-1560415624


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2