Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Mantan Utusan Nuklir Korut Terlihat bersama Kim Jong-un

loading…

SEOUL – Pejabat senior dan mantan utusan nuklir top rezim Pyongyang, Kim Yong-chol, terlihat menemani pemimpin Kim Jong Un ke pertunjukan seni hari Minggu. Padahal, Kim Yong-chol sebelumnya diberitakan dikirim ke kamp kerja paksa dan kamp pendidikan ulang di dekat Provinsi Jagang, dekat perbatasan China.

Penampakan Kim Yong-chol itu diberitakan media pemerintah, KCNA pada hari Senin (3/6/2019). Pemberitaan itu untuk menandakan bahwa mantan spymaster tersebut masih hidup dan tetap menjadi struktur kekuatan Korea Utara.

Surat kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo, pada Jumat pekan lalu melaporkan bahwa Kim Yong-chol, yang merupakan tangan kanan Kim Jong-un dikirim ke kamp kerja paksa. Dia adalah lawan berunding Menteri Luar Negeri AS Michael Pompeo sebelum KTT Hanoi yang gagal menghasilkan kesepakatan.

Baca Juga:

Ditanya tentang kontak terakhir AS dengan Kim Yong-chol dan Korea Utara secara umum pada hari Minggu, Pompeo menolak untuk menjawab. “Kami melakukan negosiasi kami secara pribadi,” katanya, seperti dikutip Reuters.

Menurut KCNA, Kim Yong-chol berada di antara pejabat terkemuka yang menemani Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju, menghadiri pertunjukan seni amatir para istri perwira Angkatan Darat Korea Utara.

Dia adalah pejabat ke-10 yang disebutkan di antara 12 pejabat yang menemani Kim Jong-un.

Seorang anggota parlemen Korea Selatan mengatakan sebagai orang penting Kim Jong-un untuk pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat, Kim Yong-chol tampaknya dikecam karena runtuhnya KTT Hanoi. Dia dilaporkan dikeluarkan dari jabatan penting Partai Buruh.

Laporan Chosun Ilbo, yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen, juga mengatakan bahwa Korea Utara mengeksekusi negosiator nuklir lainnya, Kim Hyok-chol. Dia dan beberapa penjabat menjadi bagian dari “pembersihan” atas berbagai tuduhan, termasuk pengkhianatan.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1409551/40/mantan-utusan-nuklir-korut-terlihat-bersama-kim-jong-un-1559527868


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2