Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Meski butuh dana Sinai, Mesir tak akan bergabung dengan rencana Kushner

KAIRO (Arrahmah.com) – Paket bantuan senilai $ 9 miliar yang diusulkan AS dapat menggoda Mesir dengan pembiayaan yang telah lama dicari untuk mengubah semenanjung Sinai yang dilanda perselisihan, tetapi para analis mengatakan resiko politik cenderung lebih besar daripada potensi manfaat finansial apa pun, lansir Reuters, Kamis (27/6/2019).

Mesir telah berjuang untuk meluncurkan proyek infrastruktur untuk pengembangan Sinai, di mana militer dan pasukan keamanannya telah memerangi gerilyawan yang selalu diasosiasikan dengan Negara Islam.

Sementara pihak berwenang mengatakan ratusan gerilyawan telah terbunuh atau ditangkap sejak kampanye dimulai tahun lalu, situasi keamanan di wilayah tersebut tetap tidak menentu.

Para pejabat mengatakan menciptakan lapangan kerja dan mengembangkan infrastruktur sangat penting dalam rangka memerangi gerilyawan.

Tetapi mengamankan sumber daya dan menarik investasi ke dalam area di mana para gerilyawan masih melakukan serangan reguler dan yang secara resmi masih tertutup bagi orang luar adalah tantangan utama.

Para pejabat Mesir telah mengadakan diskusi dengan Bank Dunia tentang kemungkinan pembiayaan pembangunan di Sinai.

Seorang pembantu Presiden Abdel Fattah al-Sisi mengatakan tahun lalu bahwa rencana pembangunan Sinai diperkirakan menelan biaya 275 miliar pound Mesir ($ 16,52 miliar) dan harus diselesaikan pada tahun 2022, dengan mengatakan rencana itu adalah "masalah keamanan nasional".

Di bawah rencana ekonomi 'Perdamaian untuk Kemakmuran' senilai $ 50 miliar yang dirancang oleh penasihat dan menantu Presiden AS Donald Trump, Jared Kushner, dan yang dibahas pada konferensi dua hari di Bahrain minggu ini, Palestina akan menerima $ 25 miliar sementara Mesir, Jordan, dan Lebanon akan menerima separuhnya.

Meski demikian, dana $ 9 miliar yang diperuntukkan bagi Mesir terkait dengan solusi politik yang lebih luas untuk konflik 'Israel'-Palestina yang telah berlangsung beberapa dekade.

Sementara itu belum terungkap, Palestina memberi penjelasan singkat dengan mengatakan rencana itu tidak memenuhi tuntutan mereka untuk sebuah negara di semua tanah yang ditangkap oleh 'Israel' dalam perang Timur Tengah 1967.

Mesir adalah salah satu dari dua negara Arab bersama dengan Yordania yang telah menandatangani perjanjian damai dengan 'Israel', dan Sisi dan Trump secara terbuka saling memuji.

Rencana AS mencakup serangkaian proyek infrastruktur yang bertujuan memfasilitasi perdagangan antara Mesir, wilayah Palestina, dan 'Israel'.

Proyek ini akan memperluas Gaza, daerah kecil di mana dua juta warga Palestina terkepung 'Israel' dan Mesir, ke Sinai Utara, menciptakan sebuah wilayah di mana warga Palestina dapat tinggal dan bekerja di bawah kendali Mesir, menurut sumber-sumber Arab.

Sumber-sumber keamanan Mesir mengatakan proyek ini diterjemahkan sebagai penciptaan zona industri di Sinai di mana pekerja Palestina dari Gaza dapat bekerja dan tinggal bersama orang-orang Mesir dari Sinai.

Mesir, yang telah memupuk hubungan kerja yang baik dengan penguasa Islam Hamas di Gaza, menganggap jalur sempit itu penting untuk stabilitasnya sendiri dan mungkin menyambut peluang ekonomi bagi penduduknya.

Tetapi dengan Palestina dengan tegas menolak rencana itu, sulit untuk melihat bagaimana skema semacam itu bisa berjalan.

Meskipun tekanan keras AS terhadap Mesir untuk bergabung dengan rencana itu, Sisi dan menteri luar negerinya mengesampingkan keinginan melawan Palestina, sementara sangat menolak gagasan tersebut – yang dimuat dalam beberapa laporan media – bahwa Kairo mungkin menyerahkan tanah di Sinai sebagai bagian dari rencana tersebut.

Mesir berperang atas Sinai dengan 'Israel' pada tahun 1956, 1967, dan 1973, dan setiap saran bahwa kontrolnya atas Sinai dapat terdilusi akan menjadi sensitif. Keputusan Mesir untuk menyerahkan dua pulau Laut Merah ke Arab Saudi pada 2016 menyebabkan protes langka dan tantangan hukum.

"Proyek-proyek, ide-ide dan angka-angka yang datang dalam rencana Kushner hanyalah proposal teoretis," kata Mohamed Ibrahim, seorang pensiunan jenderal dan anggota dewan Pusat Studi Strategis Mesir.

"Semua yang berhubungan dengan mendirikan proyek di Sinai tunduk pada kedaulatan Mesir. Ini adalah keputusan Mesir dan tidak ada yang bisa memaksakan pada kami untuk membuat proyek spesifik," tambahnya.

Menggarisbawahi sikap diamnya, Mesir menunggu hingga saat terakhir untuk mengumumkan akan mengirim wakil menteri keuangan ke konferensi dua hari di Bahrain.

"Mesir tidak mampu secara politis untuk menerima apa yang disebut rencana 'Perdamaian untuk Kemakmuran' mengingat oposisi dan penolakan sengit oleh Palestina dan juga segmen signifikan rakyat Mesir," kata Fawaz Gerges, profesor politik Timur Tengah di London Sekolah Ekonomi.

"Melakukannya mungkin memiliki konsekuensi mahal di dalam negeri."

Ekonom Abdul Khalik Farouk menolak paket bantuan AS yang diusulkan untuk Palestina dan negara-negara Arab sebagai "bentuk penyuapan" yang tidak akan banyak menghasilkan perkembangan nyata.

Memperkirakan bahwa Mesir telah menerima sekitar $ 850 miliar dalam bentuk pinjaman, investasi, dan hibah antara 1974 dan 2010, Farouk mengatakan paket bantuan yang diusulkan selama 10 tahun adalah kebocoran dalam takaran.

"Uang yang Anda maksudkan … hampir tidak cukup untuk membangun beberapa jalan dan bangunan. Dana ini tidak memiliki nilai," katanya. (Althaf/arrahmah.com)

Sumber: https://www.arrahmah.com/2019/06/27/meski-butuh-dana-sinai-mesir-tak-akan-bergabung-dengan-rencana-kushner/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2