Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Pasca Kunjungan Pompeo, Dua Tentara AS Tewas di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Setidaknya 2 tentara AS dilaporkan tewas menyusul kontak senjata dengan pejuang-pejuang Taliban pada hari Rabu (26/06/2019) pagi waktu setempat. Tewasnya 2 anggota pasukan khusus AS itu menambah daftar panjang korban pasukan asing yang terbunuh di Afghanistan. Pejabat-pejabat Amerika mengklaim pertempuran dengan Taliban itu terjadi di provinsi Uruzgan selatan, sementara Taliban mengatakan di bagian timur provinsi Wardak.

Perbedaan keterangan lokasi pertempuran ini cukup menarik bagi para analis mengingat kedua provinsi Wardak dan Uruzgan tidak saling berbatasan. Sejumlah laporan terbaru mengkonfirmasi bahwa mujahidin Taliban mengambush pasukan AS. Insiden terbaru ini mengingatkan pada keputusan pemerintahan Trump untuk meningkatkan eskalasi perang pada tahun 2017. Demikian juga setiap menjelang musim panas Taliban mengumumkan operasi militer tahunan untuk mengusir pasukan asing dari Afghanistan.

Perang terus berlangsung, di saat bersamaan upaya negosiasi damai juga terus diupayakan. Menyikapi dua jalan yang berbeda dalam penyelesaian konflik di Afghanistan ini, yaitu dengan cara militer & politik, pejabat-pejabat AS buru-buru menegaskan bahwa hingga detik ini belum ada kesepakatan apapun yang sudah tercapai.

Tewasnya dua tentara AS ini terjadi dua hari setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melakukan kunjungan mendadak ke Kabul. Pompeo tiba di Kabul pada Senin (24/06/2019).

Ia mengkonfirmasi bahwa AS siap menarik pasukan dari Afghanistan dalam rangka mengakhiri pendudukan militer yang sudah berlangsung selama 18 tahun di negeri itu. Pompeo mengatakan pihaknya telah mengirim pesan secara jelas kepada Taliban bahwa Amerika siap untuk langkah penarikan tersebut, namun belum tercapai kesepakatan mengenai waktunya.

Ini senada dengan yang disampaikan Taliban pekan lalu jelang pertemuan putaran ketujuh di Doha. Sebuah sumber memprediksi bahwa dalam pertemuan tersebut nantinya, kedua pihak Taliban & AS akan menyepakati satu atau dua poin dari empat isu utama yang selama ini diperdebatkan. Pertemuan Doha ini juga ditargetkan akan menghasilkan kesepakatan tentang kepastian tanggal penarikan pasukan asing pimpinan AS dari Afghanistan.

Dua isu utama yang menjadi perdebatan alot selama beberapa bulan terakhir adalah penarikan pasukan AS dan jaminan kontraterorisme pasca penarikan militer asing. Sementara soal gencatan senjata permanen dan upaya rekonsiliasi antara Taliban dengan pemerintah Afghan dukungan AS diharapkan akan menyusul kemudian.

Kesepakatan mengenahi jadwal penarikan pasukan Amerika dianggap sebagai langkah kunci yang menentukan bagi tercapainya sejumlah kesepakatan lainnya. Di lain pihak, pemerintah Afghan dukungan AS yang selama ini tidak nyaman dengan negosiasi langsung Taliban-AS berupaya melakukan manuver supaya rekonsiliasi bisa terwujud sebelum AS meninggalkan negeri itu.

Sumber: Antiwar
Redaktur: Yasin Muslim

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/06/29/pasca-kunjungan-pompeo-dua-tentara-as-tewas-di-afghanistan/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2