Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Respons Kapolri ke Pansel Capim KPK Soal Calon dari Polisi

loading…

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK kali ini mendatangi Mabes Polri untuk melakukan audensi dengan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Sebelum pansel capim KPK sempat melakukan audiensi dengan Jaksa Agung.

Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK, Yenti Garnasih menjelaskan, ihwal kedatangannya ke Mabes Polri guna menanyakan hubungan antara para penegak hukum yaitu Polri, Kejaksaan Agung dan KPK.

“Kami menanyakan sejauh ini bagaimana hubungan di antara lembaga penegak hukum terhadap tindak pidana korupsi,” kata Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK, Yenti Garnasih di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2019).

Baca Juga:

Selain itu, pihaknya juga mendorong agar dari pihak Polri mendaftar sebagai capim dari lembaga Korps Bhayangkara. Apalagi sesuai undang-undang bahwa komisioner KPK berasal dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat.

“Unsur pemerintah di antaranya adalah penegak hukum. KPK adalah lembaga penegakan hukum dan pencegahan korupsi. Jadi oleh karenanya kami mengundang memohon kepada Pak Kapolri untuk pak Kapolri mengirimkan calon-calonnya untuk mendaftar sebagai calon komisioner KPK,” kata Yenti.

Sementara, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, jika pihak Polri akan mengirimkan perwira tinggi terbaik guna mengikuti seleksi capim KPK.

“Polri juga akan berusaha mengirimkan perwira-perwira terbaik khususnya perwira tinggi yang terbaik,” kata Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Soal kriteria calon pimpinan KPK, Tito menuturkan pihaknya akan mengirimkan perwira yang memiliki hal track record yang baik dan memiliki kemampuan di bidang reserse dan penanganan kasus korupsi.

“Selain itu sehat jasmani rohani dan nanti akan mengikuti asesment dan juga tes dari panelis pansel, membuat makalah dan yang lainnya. Oleh karena itu kami tentu berusaha memberikan calon-calon yang terbaik,” imbuh Tito.

(maf)

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1411449/13/respons-kapolri-ke-pansel-capim-kpk-soal-calon-dari-polisi-1560438755


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2