Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Komisi VI DPR: Harga Miring, Semen Cina Jadi Ancaman Semen Dalam Negeri

KIBLAT.NET, Jakarta – Masuknya semen dari merek prinsipal Cina yang diproduksi di dalam negeri ke pasaran Indonesia menimbulkan pro kontra. Pasalnya semen asal Cina dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan semen lokal.  Semen CONCH misalnya, menjual dengan harga yang sangat miring dibandingkan dengan Semen Tiga Roda, Semen Gresik, hingga Holcim.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Komisi VI, Nasim Khan melihat bahwa masuknya semen Cina yang dibawah harga pasar ke pasar Indonesia menjadi ancaman bagi produk semen dalam negeri. Maka, ia menilai Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) harus merespon kejadian ini.

"KPPU harus lebih jeli melihat apakah harga yang ditawarkan Semen Cina bukan kebijakan predatory pricing dari produsen semen tersebut," tutur Nasim Khan dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Ahad (21/07/2019).

Legislator asal Dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso) ini mengaku khawatir dengan masuknya produk Semen Cina itu membuat persaingan usaha menjadi tidak sehat. Selain itu juga membuat industri semen lokal bangkrut.

"Pemerintah juga harus terus mengawasi dengan ketat operasional mereka, dampak lingkungan, dan penggunaan tenaga kerja. Apakah sudah sesuai aturan yang ada," tegas Nasim.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/07/21/komisi-vi-dpr-harga-miring-semen-cina-jadi-ancaman-semen-dalam-negeri/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2