Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Rouhani: Kehadiran Pasukan Asing Perburuk Situasi di Kawasan

loading…

TEHERAN – Presiden Iran, Hassan Rouhani menuturkan, kehadiran pasukan asing akan menjadi sumber utama ketegangan di wilayah Teluk. Pernyataan ini merupakan respon atas rencana pembentukan koalisi Angkatan Laut Eropa di Teluk.

Prancis, Italia, dan Denmark memberikan dukungan awal untuk rencana Inggris untuk misi Angkatan Laut yang dipimpin Eropa untuk memastikan pengiriman yang aman melalui Selat Hormuz. Rencana ini diusulkan setelah Iran merebut kapal tanker berbendera Inggris.

“Kehadiran pasukan asing bukan hanya tidak akan membantu keamanan kawasan, tetapi akan menjadi faktor utama ketegangan,” kata Rouhani, pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Oman, Yusuf bin Alawi di Teheran.

Baca Juga:

“Akar peristiwa dan ketegangan yang tidak menyenangkan di kawasan saat ini adalah penarikan Amerika Serikat (AS) secara sepihak (dari perjanjian nuklir 2015),” sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (29/7).

Dia kemudian mengatakan, Iran dan Oman memiliki tanggung jawab utama untuk mengamankan Selat Hormuz.
Sebelumnya, juru bicara pemerintah Iran, Ali Rabiei mengatakan, keputusan Eropa untuk membentuk koalisi Angkatan Laut, untuk menggelar patroli di kawasan Teluk akan mengirim pesan bermusuhan.

“Apa yang telah Anda dengar, bahwa mereka ingin mengirim armada Eropa ke Teluk Persia mengirim pesan bermusuhan, adalah provokatif dan akan meningkatkan ketegangan,” kata Rabiei.

(esn)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1424637/43/rouhani-kehadiran-pasukan-asing-perburuk-situasi-di-kawasan-1564323043


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2