Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Syaikhu Dinilai Cocok Dampingi Anies Baswedan

Ada banyak indikator Ahmad Syaikhu adalah sosok yang tepat menjadi Wagub DKI.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai Ahmad Syaikhu adalah figur yang tepat mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal ini disampaikan menyusul rencana Panitia Khusus Wagub DKI di DPRD DKI melangsungkan pemilihan wakil gubernur pada 22 Juli mendatang.

“Banyak indikator bahwa Ahmad Syaikhu adalah sosok yang tepat menjadi Wakil Gubernur DKI,” kata Pangi yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ketika dihubungi, Senin (8/7).

Kursi Wagub DKI kosong sejak 10 Agustus 2018 lalu. Ketika itu Sandiaga Salahuddin Uno mengundurkan diri karena hendak mencalonkan diri dalam Pilpres 2019 bersama Parabowo Subianto. Kini sudah 11 bulan kursi orang nomor dua di DKI itu kosong.

Adapun nama Cawagub DKI Jakarta yang telah diusulkan Anies adalah mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretris DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto. Keduanya merupakan rekomendasi partai Anis-Sandi di Pilkada 2017 lalu, yakni PKS dan Gerindra.

Menurut Pangi, pengalaman Syaikhu menjadi Wakil Wali Kota Bekasi selama satu periode (2013-2018) adalah sebuah modal yang tepat untuk menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Sehingga, menurut dia, Syaikhu dianggap telah hafal birokrasi dan menguasai administrasi. Sebab, kata dia, calon pendamping Anies harus berintegritas dan memiliki kapasitas, khususnya dalan bidang administrasi.”Kemudian ketokohan Ahmad Syaikhu tidak diragukan lagi,” kata Pangi.

Berkaca pada pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun lalu, Syaikhu yang maju bersama Sudrajat mendapatkan suara terbanyak kedua setelah pemenang Pilgub Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. “Selisihnya tipis, artinya ketokohan Syaikhu tinggi,” kata dia.

Selain itu, Syaikhu kata dia, orang yang doyan kerja dan duduk berlama-lama untuk mengerjakan sesuatu yang lebih detail. Hal ini tak lepas dari pengalamannya sebagai auditor sebelum terjun ke politik. “Wagub harus telaten, mau bersabar dan menyelesaikan dan bekerja lebih detail soal soal teknis,” kata dia.

Pangi menambahkan, Ahmad Syaikhu juga bukan sebuah ancaman bagi Gurernur DKI. Pasalnya, ketua PKS Jawa Barat itu sosok yang tidak neko-neko. “Jika dia menjadi Wagub, bakal tidak ada matahari kembar, mengerti tupoksi masing masing, beliau harus memainkan peran di belakang layar, pentas di depan itu urusan Anies,” kata dia.

Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/pubsbd384/syaikhu-dinilai-cocok-dampingi-anies-baswedan


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2