Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Usaha Lembaga Zakat Kembangkan Ternak Lokal Diapresiasi

Pengembangan itu gerakan ekonomi warga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengamat zakat, Yusuf Wibisono, menyebut usaha lembaga zakat membuat program-program ini memiliki nilai positif. Usaha mengadakan hewan ternak dari daerah miskin dapat menggerakkan ekonomi lokal di daerah tersebut.

Meski dinilai bagus, ia menyoroti masih banyak evaluasi yang harus dilakukan Laznas. Fokus pembinaan dinilai masih kecil dan membutuhkan sinergi lebih luas. Program yang sudah baik ini seharusnya bisa didukung dan didorong oleh stakeholder lainnya, seperti Kementerian Pertanian atau pemerintah daerah.

Dia juga berharap agar kebermanfaatan program ini tak semata dalam jangka pendek. Ha rus dibangun ekosistem yang kondusif untuk mendukung dan membantu peternak kecil untuk berkembang.

Menurut dia, para peternak harus diberdayakan tak hanya untuk Hari Raya Idul Adha karena kebutuhan di masyarakat terus berjalan. “Kerja sama bisa dibangun antara peternak lokal dan jaring an distribusi daging di bagian kuliner maupun industri seperti pengalengan daging,”kata dia. 

Sumber: https://khazanah.republika.co.id/berita/puy9wv313/usaha-lembaga-zakat-kembangkan-ternak-lokal-diapresiasi


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2