Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Warga Selandia Baru Berbondong-bondong Serahkan Senjata

loading…

WELLINGTON – Belasan warga Selandia Baru menyerahkan senjata api mereka ketika skema pembelian kembali senjata dioperasikan Sabtu (13/7/2019). Kebijakan ini diberlakukan untuk membersihkan negara itu dari senjata semi otomatis setelah serangan kembar masjidi di Christchurch.

Pengumpulan pertama untuk lebih dari dari 250 koleksi senjata api akan diadakan secara nasional di Christchurch di mana 51 jemaah Muslim ditembak mati saat shalat kurang dari empat bulan lalu.

Pemerintah, dengan dukungan dari partai-partai oposisi, segera bergegas melalui undang-undang untuk memperketat undang-undang senjata Selandia Baru.

Baca Juga:

Kepala Kepolisian Selandia Baru Stuart Nash mengatakan satu tujuan dari pengumpulan itu adalah menghapus senjata paling berbahaya dari peredaran.

Dengan polisi bersenjata memantau penyerahan itu, 68 pemilik senjata api menyerahkan 97 senjata dan 94 bagian serta aksesori dalam dua jam pertama.

Komandan polisi regional Mike Johnson mengatakan 903 pemilik senjata di daerah Canterbury telah mendaftarkan 1.415 senjata untuk diserahkan.

“Polisi mengakui bahwa ini adalah perubahan besar bagi komunitas senjata api yang taat hukum dan kami mendengar feedback yang sangat positif dari orang-orang ketika mereka datang hari ini bahwa mereka menemukan proses bekerja dengan baik untuk mereka,” kata Johnson seperti dikutip dari France24.

Ray Berard, yang pindah ke Selandia Baru dari Kanada 25 tahun yang lalu, menyerahkan senapan serbu dan mengatakan kepada wartawan bahwa dia anggota tentara Kanada dan di tim penembak Kanada tetapi percaya tidak ada tempat untuk senjata api gaya militer dalam masyarakat modern.

“Istri saya bekerja sebagai salah satu direktur proyek di rumah sakit yang dibangun kembali dan kami berada di sana pada hari penembakan dan menyaksikan 35 orang yang pergi keesokan harinya,” katanya.

“Seseorang dapat melakukan banyak kerusakan pada banyak orang jika Anda tidak sehat secara mental dan Anda memiliki senjata yang dapat menembak 100 putaran per menit,” imbuhnya.

Brenton Tarrant, pria kelahiran Australia, didakwa melakukan pembunuhan dan dituduh menggunakan lima senjata, termasuk dua senapan semi-otomatis gaya militer (MSSA), dalam serangan terhadap dua masjid di Christchurch.

Dia mengaku tidak bersalah atas tuduhan terorisme, serta 51 tuduhan pembunuhan dan 40 percobaan pembunuhan.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1419941/40/warga-selandia-baru-berbondong-bondong-serahkan-senjata-1562993289


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2