Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Buka Pintu Dialog, Trump Santai Tanggapi Peluncuran Rudal Korut

loading…

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengecilkan peluncuran rudal ketiga yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut) dalam waktu sepekan terakhir. Sebaliknya, ia kembali menegaskan kesediaannya untuk berdialog dengan Pyongyang.

Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, proyektil jarak pendek yang tidak dikenal ditembakkan pada jam 02:59 dan 03:23 pagi waktu setempat pada hari Jumat (2/8/2019) dari Provinsi Hamgyong Selatan Korut ke Laut Timur.

Seorang pejabat AS mengatakan intelijen AS telah mendeteksi setidaknya satu, dan mungkin beberapa proyektil, yang tidak menimbulkan ancaman bagi Amerika Utara. Pejabat AS mengatakan informasi awal mengindikasikan aktivitas itu mirip dengan dua uji coba rudal jarak pendek lainnya oleh Pyongyang dalam delapan hari terakhir.

Baca Juga:

Trump, yang berharap untuk menghidupkan kembali pembicaraan denuklirisasi dengan Korut, mengecilkan peluncuran itu.

Ditanya di Gedung Putih sebelum berangkat untuk perjalanan kampanye ke Ohio apakah dia pikir Kim Jong-un sedang mengujinya, Trump mengatakan peluncuran itu tidak melanggar janji pemimpin Korut kepadanya.

“Saya pikir itu sangat terkendali, sangat terkendali,” katanya kepada wartawan. “Mereka adalah rudal jarak pendek,” sambung Trump.

"Kami tidak pernah membuat kesepakatan tentang itu. Saya tidak punya masalah. Kami akan melihat apa yang terjadi. Tapi ini adalah rudal jarak pendek. Mereka sangat standar,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters.

Ditanya apakah ia masih bersedia bernegosiasi dengan Kim Jong-un, ia menjawab:

“Oh, tentu, tentu. Karena ini adalah rudal jarak pendek. Kami tidak pernah membahas itu. Kami membahas nuklir. Yang kita bicarakan adalah nuklir. Itu adalah rudal jarak pendek. Tentu, dan banyak negara lain menguji misil semacam itu juga.”

Korut sebelumnya menembakkan dua rudal balistik jarak pendek pada Rabu pagi, hanya beberapa hari setelah meluncurkan dua rudal serupa pada 25 Juli lalu. (Baca juga: Pagi Ini, Korut Kembali Tembakkan Sejumlah Rudal)

“Kami memantau situasi jika ada peluncuran tambahan dan mempertahankan postur kesiapan,” kata kantor berita Korsel Yonhap mengutip kepala staf gabungan negara itu.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan tidak ada dampak langsung terlihat pada keamanan negara itu setelah peluncuran rudal Korut yang baru.

(ian)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1426036/42/buka-pintu-dialog-trump-santai-tanggapi-peluncuran-rudal-korut-1564702481


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2