Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Kopi Indonesia Pernah Berjaya, Kini Dikalahkan Vietnam

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia Darmin Nasution mengatakan bahwa industri perkebunan Indonesia mulai tertinggal dari negara lain. Salah satu komoditas yang kini tertinggal adalah kopi.

Darmin menyebut komoditas kopi Indonesia yang dulu pernah berjaya. Namun kini keberadaannya dibalap oleh Vietnam. Jauh sebelumnya Amerika Latin juga mengalahkan kopi Indonesia.

"Tadinya kita pernah berjaya soal kopi. Kopi Amerika Latin itu, Indonesia dulu baru Amerika Latin. Sekarang dia jauh lebih dominan. Bahkan Vietnam yang baru muncul 20 tahun terakhir itu mengalahkan kita," ungkapnya di Jakarta, Kamis (01/08/2019).

Faktor riset berpengaruh dalam meningkatnya kemajuan perkebunan negara lain. Seperti dilansir Detik.com, Darmin mengatakan kondisi tersebut terjadi karena riset negara-negara tersebut lebih maju dibandingkan Indonesia.

Berikutnya adalah lada Indonesia yang juga mulai kalah dari Vietnam. Bahkan hal itu mulai dikeluhkan. Produktivitas lada Vietnam dianggap lebih bagus dan pedas.

"Bahkan gubernur Bangka Belitung sekarang suka mengeluh, katanya ladanya Vietnam itu bukan hanya produktivitasnya lebih bagus, pedasnya pun," jelasnya.

Menurut Darmin yang masih cukup unggul dari Indonesia adalah kelapa sawit. Pasalnya riset di komoditas tersebut masih lebih baik dibandingkan komoditas lain.

"Kenapa demikian? Karena perkebunan kita setelah zaman Belanda makin didominasi perkebunan rakyat dan pemerintah tidak combine dengan riset. Nah satu-satunya komoditi yang dominan dan berjaya adalah sawit," tambahnya.

Sumber: Detik
Redaktur: Qoid

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/08/01/kopi-indonesia-pernah-berjaya-kini-dikalahkan-vietnam/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2