Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Ma’had ‘Aly Babussalam Matangkuli Segera Diluncurkan

Pejabat dari Kemenag direncanakan mengisi Kuliah Umum perdana.

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH UTARA – Dayah Babussalam Matangkuli, Aceh Utara, segera memiliki jenjang pendidikan Ma'had ' Aly. Pimpinan Dayah Babussalan Al Hanafiyyah Kecamatan Matangkuli, Waled H  Sirajuddin Hanafi memimpin rapat acara launching atau peresmian Ma’had ‘Aly (Dayah Manyang) Babusaalam Al-Hanafiyyah, di kompleks dayah tersebut, Sabtu (27/7) malam.

Rapat tersebut dihadiri Mudir (Direktur) Ma’had ‘Aly Babussalam Al-Hanafiyyah,  Tgk T Zulkhairi MA beserta para wakil seperti Tgk Ahmad Burhanuddin Murad  MPd, Tgk Ibrahim  SPdI, para pengurus lainnya, serta Dewan Guru Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli. 

Dalam pembukaan papat,  Waled Sirajuddin mengharapkan kepada seluruh dosen serta mahasantri supaya mampu menjadikan diri sebagai orang yang mempunyai Intelektual dan profesional dengan adanya institusi ini. 

“Saya sangat mengarapkan kepada semua pengajar dan santri supaya bisa menunjukkan intelektualitasnya pada saat sudah menjadi sarjana Ma’had ‘Aly sebagaimana sarjana-sarjana lainnya.  Harus mampu menjadikan diri sebagai orang yang menyandang kedalaman spiritual dan keagungan akhlak,” ujar Waled Sirajuddin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (1/8).

Dalam kesempatan tersebut,  Tgk Zulkhairi juga mengharapkan supaya acara peresmian yang akan dilaksanakan pada hari Selasa (6/8)  harus istimewa dan berjalan dengan sebaik- baiknya.

Ia mengemukakan, selain tamu dari Aceh, acara peluncuran Ma'had 'Aly tersebut juga akan dihadiri  2 orang perwakilan dari Kemenag. Keduanya sekaligus akan memberikan Kuliah Umum perdana di Ma’had ‘Aly Dayah Babussalam Matangkuli.

Disebutkan, dari Aceh Insya Allah akan hadir Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs H M  Daud Pakeh dan jajarannya; serta  Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh,  H Usamah El Madny MSi dan para undangan lainnya. 

Sementara dari Direktorat Pondok Pesantren Kemenag RI akan hadir yaitu Kasubdit Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dr  H  Ainurrofiq  MA dan  Agus Umar. 

Ma’had ‘Aly Babussalam adalah subpendidikan yang bernaung dibawah institusi Dayah Babussalam yang merupakan Dayah dengan Tipe A plus di Aceh. 

Sesuai dengan peraturan Kemenag RI, Ma’had ‘Aly didirikan oleh dan berada di bawah institusi dayah atau pesantren. Ma’had ‘Aly Babussalam Al Hanafiyyah memperoleh izin pendirian lewat Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI Nomor 2885 Tahun 2019 dengan Takhasus  (Konsentrasi) yaitu bidang  Tafsir wa ‘Ulumuhu. 

"Peluncuran Ma’had ‘Aly Babussalam direncanakan akan dihadiri oleh lima ratusan undangan dan akan diramaikan oleh lebih dari seribu santri Dayah Babussalam," kata  Tgk Zulkhairi.

Sumber: https://republika.co.id/berita/pvk1hl374/mahad-aly-babussalam-matangkuli-segera-diluncurkan


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2