Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Rouhani Puji Rudal Iran Tembak Jatuh Drone Mata-mata Canggih AS

loading…

TEHERAN – Presiden Hassan Rouhani memuji kemampuan pertahanan Republik Islam Iran. Secara khusus, dia bangga sistem rudal Teheran yang dioperasikan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran berhasil menembak jatuh drone mata-mata canggih Amerika Serikat (AS), RQ-4 Global Hawk, pada Juni lalu.

“Pertama; kami menghantam drone Amerika, kedua; kami menemukannya di radar Iran, ketiga kami menghantamnya dengan rudal kami sendiri. Iran hanya menembak agresor yang bisa berupa drone, pesawat, kapal laut,” kata Rouhani kepada wartawan di Teheran, hari Rabu.

Bulan lalu, ia memperingatkan bahwa jika pesawat tak berawak Amerika lainnya melintasi perbatasan Republik Islam Iran, itu juga akan ditembak jatuh.

Baca Juga:

Komentar Rouhani digemakan Kepala Badan Pertahanan Sipil Iran Brigadir Jenderal Gholamreza Jalali. Menurutnya, jatuhnya kendaraan udara tak berawak (UAV) AS mengindikasikan tekad Teheran untuk mempertahankan perbatasannya.

“Kekuatan penangkal Iran, khususnya di bidang militer, menggagalkan plot dan permainan intimidasi mereka seperti penghancuran pesawat mata-mata mahal oleh senjata (buatan Iran) menunjukkan bahwa militer Iran dapat mengatasi musuh. Iran tidak bercanda dengan siapa pun dalam membela diri,” ujar Jalali, dikutip Sputniknews, Kamis (8/8/2019).

Pada 20 Juni, IRGC mengatakan bahwa mereka telah menjatuhkan pesawat nirawak mata-mata RQ-4 Global Hawk Northrop Grumman milik AS yang terbang di atas Provinsi Hormozgan di pesisir karena melanggar wilayah udara negara tersebut. Komando Pusat AS mengklaim bahwa UAV-nya ditembak ketika beroperasi di perairan internasional di atas Selat Hormuz.

Panglima IRGC, Mayor Jenderal Hossein Salami, menggambarkan penembakan drone itu sebagai “pesan yang jelas” kepada Washington. Dia mengatakan, Teheran akan bereaksi keras terhadap semua agresi.

(mas)

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1427824/43/rouhani-puji-rudal-iran-tembak-jatuh-drone-mata-mata-canggih-as-1565198532


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2