Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

YLKI Desak PLN Beri Konsumen Ganti Rugi Akibat Pemadaman Listrik

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemadaman listrik total selama berjam-jam di wilayah Jabodetabek dan sejumlah area Jawa Barat tak hanya merugikan konsumen residensial, tetapi juga para pelaku usaha. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan kompensasi atas kerugiaan yang dialami konsumen.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyesalkan terjadinya pemadaman listrik secara total di wilayah Jabodetabek dan sejumlah area Jabar lainnya. Hal itu dinilai menjadi tanda bahwa infrastruktur pembangkit PT PLN belum handal.

"Oleh karena itu, program pemerintah seharusnya bukan hanya menambah kapasitas pembangkit PLN, tetapi juga harus meningkatkan keandalan pembangkit PT PLN," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dalam keterangan tertulis yang diterima Kiblat, Senin (05/08/2019).

Tak hanya pembangkit, Tulus menilai keandalan infrastruktur pendukung lainnya juga harus ditingkatkan. Transmisi, gardu induk, dan gardu distribusi harus menjadi perhatian PLN.

"Padamnya listrik, apalagi di Jabodetabek, bukan hanya merugikan konsumen residensial saja tetapi juga sektor pelaku usaha," ungkap Tulus.

Tulus menyebut pemadaman total yang berlangsung selama berjam-jam bisa menjadi sinyal buruk bagi daya tarik investasi di Jakarta dan bahkan Indonesia. "Kalau di Jakarta saja seperti ini, bagaimana di luar Jakarta, dan atau di luar Pulau Jawa?" ujarnya.

YLKI meminta manajemen PT PLN untuk menjelaskan pada publik apa penyebab gangguan pembangkit di Suralaya, dan gangguan-gangguan lain yang menyebabkan pemadaman tersebut. PLN juga diminta memberikan kompensasi atas kerugian yang diderita konsumennya.

"YLKI meminta PT PLN memberikan kompensasi pada konsumen, bukan hanya berdasar regulasi teknis yang ada, tetapi berdasar kerugian riil yang dialami konsumen akibat pemadaman ini," pungkasnya.

Reporter: Imam S.
Redaktur: Imam S.

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/08/05/ylki-desak-pln-beri-konsumen-ganti-rugi-akibat-pemadaman-listrik/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2