Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional

Pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengeluarkan surat perihal pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk belasungkawa atas wafatnya Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie pada Rabu (11/9) petang. Pengibaran bendera setengah tiang dilakukan selama tiga hari terhitung Kamis (12/9) sampai Sabtu (14/9).

“Untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik lndonesia Ke-3) yang telah wafat pada tanggal 11 September 2019 di Jakarta,” tulis Pratikno dalam surat yang ditandatanganinya pada Rabu (11/9).

Hal itu sesuai dengan Pasal 12 ayat 4 ayat 5, dan ayat 6 Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Para Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank lndonesia, Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan Lembaga Non Struktural, Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala Perwakilan Republik lndonesia di Luar Negeri beserta jajaran dimohon untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang.

Selanjutnya kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota agar menyampaikan kepada masyarakat luas untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang. Pada kurun waktu tersebut juga dinyatakan sebagai Hari Berkabung Nasional. Habibie meninggal dunia pada pukul 18.03, Rabu (11/9). Ia meninggal setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jalan Abdul Rachman Saleh, Senen, Jakarta Pusat.

“Bismillahirohmanirohim saudara-saudara sekalian atas nama yang maha besar kami harus dengan sangat berat mengucapkan bahwa ayah saya BJ habibie presiden ke 3 telah meninggal dunia jam 18.03,” ujar Putra bungsu Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Thareq Kemal Habibie, Rabu.

Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/pxo97z354/habibie-wafat-pemerintah-tetapkan-hari-berkabung-nasional


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2