Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Kebakaran Lahan Makin Marak di Sukabumi

Warga panik karena khawatir kebakaran lahan merembet ke permukiman warga.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Peristiwa kebakaran lahan di Kota Sukabumi cukup marak dalam sepekan terakhir. Rata-rata kebakaran tersebut diakibatkan dari aktivitas pembakaran sampah. Terakhir, kebakaran lahan terjadi di kebun kosong di Jalan Jalur Lingkar Selatan RT 08 RW 04 Kampung Cibaliung, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kamis (5/9) siang.

“Telah terjadi kebakaran lahan kebun kosong seluas terbakar 3,5 are,” ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, Kamis (5/9).

Kebakaran itu terjadi dengan titik spot api yang tersebar sebanyak tujuh titik api. Ia menerangkan menurut keterangan warga menyebutkan sempat melihat api tiba-tiba besar setelah usai melaksanakan Shalat Dzuhur.

Selanjutnya kata Zulkarnain, warga meminta tolong petugas BPBD dan pemadam kebakaran (Damkar). Diduga kebakaran akibat dari adanya orang yang membakar sampah lalu tertiup angin dan menimbulkan percikan api di beberapa spot. Luas area yang terbakar lanjut Zulkarnain, kurang lebih 3,5 are.

Dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Warga hanya panik karena khawatir kebakaran lahan merembet ke permukiman warga.

Upaya pemadaman kebakaran ungkap Zulkarnain, melibatkan dua mobil pemadam kebakaran, Juga satu mobil rescue BPBD, dan satu lagi mobil Satpol PP. Kobaran api pun bisa dipadamkan dengan cepat.

Sebelumnya, pada Rabu (4/9) siang, kebakaran lahan juga terjadi di Jalan Paramarta RT 07 RW 01 Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB ini berada di lahan kosong berukuran 10 x 20 meter persegi.

“Awal dari kebakaran dari seorang warga sengaja sedang membakar sampah yang merembet ke ilalang di area sekitar,” ujar Zulkarnain. Luas area yang terbakar ukuran 10 x 20 meter persegi milik warga.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa namun hanya menyebabkan kebun yang terbakar. Saat ini kondisi di lapangan sudah terkendali dan api sudah padam.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran melanda lahan kebun terjadi di Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Selasa (3/9) siang. Dampaknya lahan seluas 3,5 are atau sekitar 350 meter persegi terbakar.

Kebakaran lahan tersebut terjadi di Jalan Amubawa Babakan Bandung RT 04 RW 01 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole pada Selasa (3/9) pukul 14.15 WIB.  Ia mengatakan luas lahan seluruhnya di kawasan itu mecapai 17 ribu are dan yang terbakar hanya 3,5 are. Dari keterangan ketua RT setempat menyebutkan, kebakaran ini diakibatkan karena anak kecil yang sedang memainkan api membakar ilalang.

Sumber: https://nasional.republika.co.id/berita/pxdbb8384/kebakaran-lahan-makin-marak-di-sukabumi


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2