Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Kerap Kecelakaan, Pengamat Sarankan Pegawai Transjakarta Diaudit

loading…

JAKARTA – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) wajib melakukan audit kinerja anggotanya. Hal ini dikarenakan banyaknya kecelakaan yang terjadi di Jakarta yang melibatkan transportasi massal itu.

“Perlu audit demi mengetahui kualitas dan kapabilitas staf dan sopir,” ucap Pengamat Transportasi Universitas Trisakti, Nirwono Joga saat menanggapi kecelakaan TransJakarta, Rabu (11/9/2019). (Baca juga: Diduga Sopir Mengantuk, Transjakarta Tabrak Separator Jalan S Parman)

Nirwono menilai, banyaknya kecelakaan yang terjadi tak lepas dari lemahnya pengawasan. Pengawasan menyeluruh tentang kondisi kendaraan hingga kemampuan sopir kerap kali terabaikan. Kondisi ini diperburuk dengan jalur yang tak steril.

Baca Juga:

Karena itu, ia menyarankan dalam audit, Pemprov DKI Jakarta wajib melakukan pengawasan menyeluruh agar PT Transjakarta yang notabene sebagai BUMD agar diawasi ketat.

Dengan melibatkan polisi, kata Nirwono, Transjakarta diakui tidak akan sulit melakukan pelatihan. Di sisi lain, kata dia, hal ini akan menjadikan polisi sebagai bagian dari audit eksternal yang dilakukan PT TransJakarta.

“Jadi intinya. Polisi juga akan mengawasi ini menyeluruh. Mereka akan memberikan pelatihan kesiapsiagaan di jalan raya,” tandasnya. (Baca juga: Hilang Konsentrasi, Bus Transjakarta Tabrak Pembatas Jalan di Slipi)

(mhd)

Sumber: https://metro.sindonews.com/read/1438688/170/kerap-kecelakaan-pengamat-sarankan-pegawai-transjakarta-diaudit-1568208841


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2