Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Waktunya Tiba, Pejuang Bangsamoro Serahkan Senjata ke Pemerintah Filipina

KIBLAT.NET, Mindanao – "Waktu kita di medan perang sudah berakhir." Satu kalimat yang diucapkan Al-Haj Ibrahim Murad, kepala menteri sementara Daerah Otonomi Bangsamoro di Muslim Mindanao (BARMM), yang juga pemimpin pejuang Front Pembebasan Islam Moro (MILF) ketika melucuti senjata anggotanya.

Upacara, yang diadakan awal bulan ini, disaksikan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Selama acara tersebut, 1.060 kombatan MILF, yang mengenakan kemeja biru dengan tulisan "dinonaktifkan" tercetak di bagian belakang berada di antara Murad, bersama dengan 960 senjata api dan senjata berat yang diserahkan.

Ini adalah langkah pertama menonaktifkan anggota Angkatan Bersenjata Islam Bangsamoro (BIAF) berkekuatan 40.000 MILF. Mereka sekarang kembali menjalani kehidupan sipil.

Setiap pejuang yang dinonaktifkan akan menerima paket bantuan sosial ekonomi dari pemerintah yang diperkirakan bernilai 1 juta peso (sekitar Rp 269 juta).

Bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar 100.000 peso, tunjangan kesehatan, beasiswa untuk anak-anak mereka, proyek perumahan dan mata pencaharian.

Selama hampir setengah abad, MILF telah berperang melawan pemerintah dengan tujuan memenangkan kemerdekaan bagi minoritas Muslim di negara itu.

Setelah negosiasi bertahun-tahun, MILF menandatangani perjanjian damai yang komprehensif dengan pemerintah pada 2014 untuk mengakhiri perang yang berlarut-larut di pulau Mindanao yang telah merenggut sekitar 120.000 jiwa.

Pada 2018, Duterte menandatangani Undang-Undang Organik Bangsamoro (BOL), lalu menciptakan BARMM. Dan pada bulan Januari tahun ini, orang-orang di daerah yang mayoritas Muslim di Filipina selatan memilih "iya" dalam referendum yang berusaha meratifikasi hukum, yang akan memberi mereka pemerintahan sendiri.

Menyusul pembentukan pemerintah daerah Bangsamoro yang baru, Duterte menyetujui pada bulan Maret sebuah perintah eksekutif yang akan membuka jalan untuk menonaktifkan para pejuang MILF sebagai bagian dari jalur normalisasi kesepakatan damai 2014.

Setelah berbulan-bulan persiapan, para pejuang MILF mulai menyerahkan senjata mereka minggu lalu kepada pengawas asing yang independen, dalam proses yang diawasi oleh Badan Penonaktifan Independen (IDB).

Tahun ini, setidaknya 30 persen pejuang MILF (12.000) akan didemobilisasi dan senjata mereka dilucuti. Sementara 35 persen lainnya akan melalui proses yang sama tahun depan, dan sisanya pada 2022.

Bulan lalu, lebih dari 200 anggota BIAF menyelesaikan program pelatihan militer selama sebulan, sebuah persyaratan bagi mereka untuk menjadi bagian dari Tim Gabungan Perdamaian dan Keamanan (JPST), yang akan mengamankan komunitas dan kamp MILF ketika kawan-kawan mereka mulai melakukan demobilisasi. JPST juga mencakup kontingen militer dan polisi.

Setelah menyelesaikan pelatihan, para mantan kombatan sekarang juga menjadi bagian dari tentara dengan pangkat cadangan, dan akan membantu dalam perang melawan terorisme dan obat-obatan terlarang di wilayah tersebut.

Para pemimpin MILF dan militer mengatakan beberapa tahun yang lalu, tidak terbayang bahwa anggota BIAF akan berada di kamp militer untuk melakukan pelatihan militer dengan tentara.

Abdulrasid Batunan, yang paling senior di antara kelompok pertama anggota BIAF yang berlatih dengan tentara, mengatakan dia berharap untuk perdamaian abadi di tanah air mereka.

Seorang pejuang MILF sejak usia dini, Batunan mengatakan dia sekarang ingin melupakan ingatan pahit dari pertempuran yang dia lalui, dan berharap perdamaian dan pembangunan untuk menggantikan konflik di wilayah Bangsamoro. Dia mengatakan dia senang bahwa dia sekarang dapat menjalani kehidupan normal dan menghabiskan waktu bersama keluarganya.

"Saya menjadi seorang pejuang pada tahun 1980. Saya telah mengambil bagian dalam pertempuran besar melawan pasukan pemerintah. Saya melakukannya karena kami berjuang untuk hak-hak kami sebagai Muslim, untuk kemerdekaan kami, tetapi saatnya telah tiba untuk menghentikan perang," katanya kepada Arab News.

"Pistol itu telah menjadi alat saya untuk sebagian besar hidup saya, yang saya habiskan untuk bertarung di hutan bersama dengan teman-teman saya. Itu sulit. Ada banyak hal yang bahkan tidak ingin saya pikirkan sekarang."

Anggota BIAF lain, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan bahwa mereka senang menyelesaikan pelatihan.

"Itu bukan tujuan akhir. Kami harus melakukan yang baik dalam tugas kami, tidak hanya dalam mengamankan Bangsamoro tetapi untuk kepentingan masyarakat di sini di Mindanao," katanya.

Mujahid Abdullah (36) yang juga berlatih dengan tentara untuk menjadi bagian dari JPST, mengatakan pengalaman itu adalah "sesuatu yang dia tidak pernah bayangkan akan terjadi, menjadi seorang pejuang yang berjuang mati-matian melawan pasukan pemerintah."

Dia mengatakan bahwa mereka sekarang akan bekerja bersama pasukan pemerintah yang sama yang merupakan lawannya yang sengit. "Saya berharap perdamaian ini akan berlanjut dan tidak akan ada perang lagi," katanya.

Baila Musa dan Manjorsa Gilman, keduanya menikah dengan pejuang, mengatakan demobilisasi itu telah melegakan, mengangkat harapan mereka akan perdamaian abadi di tanah mereka.

Para wanita mengatakan mengatakan mereka senang keluarga mereka akan lengkap, dengan suami mereka tidak akan lagi berkelahi di hutan.

Saida Limgas (66) seorang pejuang yang dinonaktifkan, mengatakan ia mulai berperang di jalan Allah pada usia 16 tahun. Dia menyatakan harapan bahwa pemerintah akan memenuhi janji manfaatnya.

Dalam pesannya menandai proses dekomisioning, Murad mengatakan: "Para pejuang yang akan dinonaktifkan hari ini … bukan individu biasa. Mereka adalah … individu yang hidupnya dipengaruhi secara drastis."

"Ini adalah 1.060 kisah cinta, iman dan pengorbanan demi Allah, dan demi aspirasi setiap Bangsamoro."

Murad mengakui, selama upacara 7 September, bahwa proses demobilisasi akan menjadi tantangan bagi para pejuang ketika mereka melakukan transisi ke kehidupan sipil.

"Selama bertahun-tahun, pelatihan kami didasarkan pada perjuangan bersenjata. Tetapi sekarang para pejuang pemberani kita akan menghadapi bentuk perjuangan yang sangat berbeda untuk bertransformasi ke kehidupan sipil dan merangkul pola pikir baru," katanya.

"Daripada pergi ke ladang untuk konflik, kita sekarang akan pergi ke ladang untuk memanen tanaman kita. Alih-alih membawa senjata api, kami sekarang akan membawa alat untuk pekerjaan dan pendidikan. Daripada memikirkan kemungkinan pertemuan di hari berikutnya, kami akan memikirkan peluang yang menunggu kami, anak-anak kami dan mereka yang akan mengikuti."

Murad mengatakan penonaktifan pejuang MILF tidak berarti mereka menyerah pada apa yang telah mereka perjuangkan.

"Biarkan saya tegaskan bahwa kita tidak menyerah," katanya, seraya menambahkan bahwa proses penonaktifan hanya menunjukkan "komitmen tulus dan penuh kami untuk memenuhi bagian dari perjanjian damai."

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/09/18/waktunya-tiba-pejuang-bangsamoro-serahkan-senjata-ke-pemerintah-filipina/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2