Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Bulan September, Yamaha Gelar Balapan Ketahanan di Sentul





JakartaYamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal menggelar balapan ketahanan bertajuk Endurance Festival 2018 di sirkuit Sentul, Bogor, 29-30 September.

Dalam rilisnya kepada detikSport, Yamaha menyebut ini adalah langkah inovatif karena event tersebut baru pertama kali dilakukan oleh pabrikan motor di Indonesia. Sehubungan dengan itu, Yamaha bakal menghadirkan tiga kelas di mana satu motor diisi dua rider.

Tiga kelas itu adalah Open Class 250 cc, di mana pebalap wajib tampil selama 2 jam. Jadi kategori ini bersifat terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap profesional ataupun dari komunitas (Community).

Pesertanya bisa sesama rider profesional ataupun kombinasi rider profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama rider Comm Pro.

Kemudian kelas Community 250 cc (1 hour). Ini untuk rider Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B. Terakhir ialah kelas Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B. Motor yang digunakan adalah Yamaha YZF-R15.

“Saya sangat senang mengumumkan kategori balap baru yang diprakarsai oleh Yamaha. Ini adalah balap ketahanan yang pertama dilakukan oleh produsen motor di Indonesia dimana Yamaha ingin memberikan konsumennya sebuah kesempatan dan tempat yang santai dan menyenangkan untuk satu kali dalam setahun seperti juga dalam festival besar balap Suzuka 8 Hours di Jepang,” tutur Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT. YIMM).

Lalu bagaimana penentuan pemenangnya? Pihak Yamaha akan menghitung jumlah total lap yang berhasil dilahap selama waktu balapan, seperti halnya Endurance Race di Suzuka ataupun Le Mans.

Sehubungan aturan mesin untuk kelas Open Class 250 cc (2 hour) terdiri dari frame yang harus standar pabrik, cylinder-head yang boleh diporting, ECU dan suspensi yang bebas. Sedangkan untuk kelas Community 250 cc (1 hour), mesin full standar pabrik, ECU standar ditambah piggy back, frame standar pabrik dan suspensi bebas. Juga untuk kelas

Community 150 cc (1 hour) serupa dengan regulasi Comm B Yamaha Sunday Race 2018 (YSR 2018). Yamaha menyediahkan total hadiah bagi para pemenang mencapai Rp 122 juta untuk peringkat satu hingga sepuluh di setiap kelasnya.

Selain itu, pada event Ini juga tersaji berbagai acara menarik yang menjadi rangkaian Endurance Festival 2018. Peserta ataupun penonton yang hadir akan dapat menikmati serta membeli berbagai produk dalam aktifitas Racing Kit Market, Entertainment Festival, Fun Test Ride dan Community Gathering.

Adapun pihak sponsor yang terlibat menyukseskan Yamaha Endurance Festival 2018 adalah Yamaha, Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Motobatt, BRT Nissin dan Pertamax Turbo.

<!–
[Gambas:Sportradar]
–>

(mrp/fem)


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2