Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

VAR Sambangi La Liga, Valverde Skeptis

GoalGoal365 Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mulai khawatir dengan pengenalan Video Assistant Referee (VAR) di dunia sepak bola dalam beberapa tahun terakhir. Dia cemas VAR bisa mengganggu aliran permainan sepak bola dan justru berdampak buruk.

Perkembangan VAR cukup pesat. Liga Italia sudah menerapkannya lebih dari semusim, dan meski pada awalnya banyak pihak yang protes, pada akhirnya VAR terus berjalan hingga saat ini. Penikmat Serie A pasti sudah memahami suka duka dampak VAR.

VAR juga mengunjungi Piala Dunia untuk pertama kalinya. Di Piala Dunia 2018 Rusia beberapa bulan lalu, VAR mulai mencuri perhatian dan mengundang pro-kontra. Banyak yang mendukung, tak sedikit yang menolak.

Baca komentar Valverde soal VAR di bawah ini:

Dampak

Teknologi yang membantu wasit tersebut akan menjalani debutnya di La Liga musim ini. Valverde percaya VAR memang akan membantu banyak klub di beberapa situasi meragukan, akan tetapi di saat yang sama dia mencemaskan dampak jangka panjang VAR.

"Saya merasa bahwa VAR dan teknologi ada di sini untuk membantu kami, khususnya untuk menciptakan keadilan di area penalti. Namun kami tak tahu dampaknya akan seperti apa," ujar Valverde di fourfourtwo.

"Saya tidak ingin VAR mengganggu aliran permainan. Satu hal yang hebat dari sepak bola adalah bahwa ia sangat cepat, hanya ada sedikit interupsi."

Bantuan Wasit

Valverde mengakui bahwa wasit sepak bola memang membutuhkan bantuan. Namun menurutnya VAR masih tak jelas soal waktu penggunaannya yang tepat. Kapan VAR perlu digunakan dan kapan tidak?

"Wasit jelas membutuhkan bantuan tetapi seharusnya hal ini tak merusak kecepatan pertandingan. Saya tahu semua orang mengandalkan pada apa yang terjadi di area (penalti), tetapi di final Piala Dunia, Prancis mencetak gol melalui tendangan bebas yang seharusnya tak diberikan dan hal itu menentukan pertandingan."

"Jadi apa yang lebih penting? Saya tak tahu, karena saya juga menunggu bagaimana hal ini (VAR) bekerja," pungkasnya.


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2