Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Jenderal AS: Serangan Udara Tak Lemahkan Al-Shabaab Somalia

KIBLAT.NET, Washington – Panglima Komando Militer AS untuk Operasi Afrika, Jenderal Thomas Waldhauser, menyimpulkan bahwa kampanye serangan udara di Somalia tidak gerakan jihadis Al-Shabaab melembah. Sementara itu, tentara sekutu lokal harus memikul lebih banyak tanggung jawab dalam pertempuran.

"Pada akhirnya, serangan-serangan (udara) seperti ini tidak mengalahkan Al-Shabaab," kata Waldhauser dalam laporannya kepada Komite Layanan Bersenjata di Senat AS pada Kamis (07/02).

Waldhauser melanjutkan bahwa keamanan di Somalia saat ini harus dipegang oleh tentara lokal. Ia mengisyaratkan diakhirinya kampanye militernya di Negara itu.

"Kesimpulannya adalah bahwa Tentara Nasional Somalia perlu menambah jumlahnya, dan untuk memajukan dan mengambil tanggung jawab atas keamanan negara," imbuhnya.

Militer AS telah meningkatkan serangan udara terhadap Al-Shabaab sejak 2017. Pada pekan pertama di Februari 2019 ini, setidaknya empat serangan udara diumumkan oleh AS. Puluhan pejuang Al-Shabaab diklaim tewas dalam serangkaian serangan itu.

Dalam setiap pernyataannya, militer AS mengatakan bahwa tujuan Amerika Serikat dan sekutunya –pemerintah federal Somalia dan Uni Afrika (AMISOM) – untuk mencegah para pejuang Al-Shabaab mendapat wilayah aman yang digunakan merencanakan serangan kepada Barat dan sekutu.

Militer AS mengatakan sebelumnya bahwa militer AS "akan terus bekerja sama dengan para mitranya untuk mengalihkan tanggung jawab keamanan jangka panjang di Somalia ke AMISOM dan pemerintah federal Somalia.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/02/08/jenderal-as-serangan-udara-tak-lemahkan-al-shabaab-somalia/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2