Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Donald Trump: Saudi membeli banyak, saya tidak ingin kehilangan mereka

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Presiden AS Donald Trump telah menegaskan kembali dukungannya untuk Arab Saudi pada rapat umum "Make America Great Again" (MAGA) di mana ia juga menggambarkan taktik negosiasi yang ia gunakan untuk mendapatkan lebih banyak uang dari kerajaan untuk dukungan militer Amerika Serikat.

Selama rapat umum dengan para pendukungnya di Green Bay, Wisconsin, Trump mengindikasikan bahwa ia akan tetap menjadi pendukung setia pemerintah Saudi, sebagian besar karena pembelian Riyadh dari perusahaan-perusahaan AS, lansir Al Jazeera (28/4/2019).

"Mereka tidak punya apa-apa selain uang tunai, kan?" katanya kepada orang banyak. "Mereka membeli banyak dari kita, 450 milyar dollar yang mereka beli."

"Kalian ingin memutus Arab Saudi, Saya tidak ingin kehilangan mereka," katanya.

Tidak jelas dari mana Trump menarik angka 450 milyar dollar. PolitiFact, sebuah situs web pengecekan fakta, sebelumnya telah menilai klaim tersebut sebagai kebohongan.

Trump kemudian menggambarkan panggilan telepon baru-baru ini dengan Raja Saudi Salman di mana ia menuntut lebih banyak uang dari negara kaya minyak itu sebagai imbalan atas pertahanan yang disediakan AS.

"Kami kehilangan 4,5 milyar pada sebuah negara untuk membela mereka, dan mereka kaya," kata Trump.

"Jadi aku memanggil mereka. Aku berkata: dengarkan, ini tidak baik. Mereka dalam keadaan terkejut karena mereka tidak pernah mendapat panggilan seperti ini dalam 25 tahun, kan," klaimnya ketika kerumunan bersorak.

Trump melanjutkan: "Saya katakan kita kehilangan 4,5 milyar setiap tahun, kita tidak bisa melakukan ini lagi. Ini gila. Dia [Raja Salman] menjadi sangat marah, marah, mengatakan ini tidak adil. Saya katakan, tentu saja Ini adil. Dia bilang kita akan memberi Anda 500 juta dollar lebih … Saya bilang saya ingin lebih. Kami berdebat. Jadi mereka membayar kami lebih dari 500 juta dollar untuk satu panggilan telepon, saya hanya butuh satu panggilan."

Dia kembali mengklaim bahwa raja kemudian bertanya kepadanya mengapa dia melakukan panggilan, karena "tidak ada yang membuat panggilan seperti itu".

"Itu karena mereka bodoh!" Kata Trump.

Hubungan AS-Saudi telah menghadapi peningkatan kecaman sejak pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober lalu.

Khashoggi, orang dalam kerajaan lama yang telah menjadi kritikus Putra Mahkota Mohammad bin Salman (juga dikenal sebagai MBS), terbunuh dan tubuhnya dipotong oleh tim Saudi, seperti yang dikatakan Turki.

Pembunuhan itu memicu protes global, dengan beberapa negara memberlakukan embargo senjata terhadap kerajaan sehubungan dengan kontroversi tersebut.

Tetapi Trump terus berdiri bersama Saudi.

Pada saat pembunuhan itu, Trump berkata: "Jika kita dengan bodohnya membatalkan kontrak-kontrak ini, Rusia dan Cina akan menjadi penerima manfaat yang sangat besar, dan sangat senang memperoleh semua bisnis yang baru ditemukan ini."

"Itu akan menjadi hadiah yang luar biasa bagi mereka langsung dari Amerika Serikat."

Pada bulan November, CIA menyimpulkan bahwa MBS, penguasa de facto dan pewaris tahta Saudi, memerintahkan pembunuhan itu.

Pihak berwenang Saudi telah membantah keras klaim itu, dan dalam percakapan pribadi dengan para pejabat Barat, mengkritik pihak berwenang Turki karena gagal menghentikan pembunuhan itu.

"Intelijen mereka tahu bahwa regu pembunuh (Saudi) akan datang. Mereka bisa menghentikannya!" salah satu pejabat Saudi mengatakan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Sumber: https://www.arrahmah.com/2019/04/29/donald-trump-saudi-membeli-banyak-saya-tidak-ingin-kehilangan-mereka/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2