Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Bunuh 51 Muslim, Teroris Selandia Baru Mengaku Tak Bersalah

KIBLAT.NET, Christchurch – Tersangka utama dalam serangan Christchurch pada bulan Maret Brenton Tarrant, menyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan. Brenton didakwa atas pembunuhan 51 orang, 40 tuduhan percobaan pembunuhan dan satu tuduhan terorisme dalam penembakan massal.

Muncul melalui tautan video dari penjara, pria Australia berusia 28 tahun itu duduk diam ketika pengacaranya membacakan permohonannya. Pada 15 Maret pria bersenjata itu menembaki umat Islam selama salat Jumat.

Sejumlah orang yang selamat dari serangan dan kerabat para korban berada di pengadilan untuk persidangan. Ketika pengacara Shane Tait membacakan pengakuan kliennya yang tidak bersalah, sejumlah hadirin tersentak dan menangis.

Hakim Pengadilan Tinggi Cameron Mander mengatakan persidangan telah ditetapkan pada 4 Mei tahun depan. Tarrant akan dikembalikan ke tahanan sampai pemeriksaan kasus dilakukan pada 16 Agustus.

Pada pengadilan terakhirnya pada bulan April, ia diperintahkan untuk menjalani penilaian kesehatan mental untuk menentukan apakah ia layak untuk diadili.

Hakim Mander mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat: "Tidak ada masalah yang muncul mengenai kesehatan terdakwa untuk memohon, untuk mengajar penasihat, dan untuk berdiri di persidangannya. Sidang kebugaran tidak diperlukan."

Pekan lalu, pembatasan penerbitan foto wajah tersangka dicabut.

Brenton ditangkap pada 15 Maret karena diduga terlibat dalam penembakan di masjid Al Noor dan Pusat Islam Linwood, keduanya berlokasi di Christchurch.

Dia diduga mengendarai mobil pertama ke masjid Al Noor, parkir di dekatnya dan mulai menembaki masjid saat dia berjalan melalui pintu depan.

Dia diduga menembaki pria, wanita dan anak-anak di dalam sekitar lima menit. Serangan itu disiarkan langsung dari kamera yang dipasang di kepala.

Tersangka kemudian diduga mengendarai sekitar 5 km (tiga mil) ke masjid Linwood dan menewaskan lebih banyak orang.

Berbicara kepada bangsa itu setelah serangan itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyebutnya sebagai salah satu "hari tergelap" di negara itu.

Pria bersenjata, dipersenjatai dengan senapan semi-otomatis termasuk AR-15, diyakini telah memodifikasi senjatanya dengan majalah berkapasitas tinggi – bagian dari senjata yang menyimpan amunisi – sehingga mereka dapat menyimpan lebih banyak peluru.

Dia saat ini ditahan di Penjara Auckland di Paremoremo, yang dianggap sebagai penjara terberat Selandia Baru.

Sumber: BBC
Redaktur: Ibas Fuadi

Sumber: https://www.kiblat.net/2019/06/15/bunuh-51-muslim-teroris-selandia-baru-mengaku-tak-bersalah/


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2