Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Lagu Upaya Maksimal Tercipta di KRL Commuterline Bekasi-Jakarta

loading…

JAKARTA – The Rain kembali merilis lagu terbaru berjudul Upaya Maksimal. Masih mengusung tema percintaan, Upaya Maksimal, menceritakan tentang proses pendekatan (PDKT) seseorang yang dikemas sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, lengkap dengan lirik dan instrumen yang mudah diingat.

“Lagu ini cerita proses PDKT. Nggak susah untuk mengingat momen di mana kita pernah rasain dan pengen mulai ngomong sama orang tapi bingung dan dimulai dengan obrolan cuaca, ‘panas ya hari ini’. Receh tapi ampuh,” kata vokalis The Rain Indra Prasta aat berkunjung ke Gedung Sindo, Jakarta, (20/6/2019).

Proses kreatif lagu ini terbilang unik. Indra, selaku pencipta lagu, mengaku membuat lagu Upaya Maksimal saat dirinya berada di KRL commuterline Bekasi—Jakarta Kota. Lagu ini juga menjadi lagu pertama band asal Yogyakarta itu yang menggunakan ukulele dan mandolin sebagai instrumennya.

Baca Juga:

“Saya buat di KRL Bekasi – Jakarta Kota. Berangkat malem, kan sepi tuh ya KRL, enak. Nulis-nulis dan jadilah lagu Upaya Maksimal. Akhirnya mentahannya dikasih ke yang lainnya. Pas workshop jadilah Upaya Maksimal. Lagu ini pakai ukulele dan mandolin sebagai instrumennya yang belum pernah dipake sebelumnya dan sangat menyenangkan,” jelas Indra.

“Ada yang menarik di lagu ini, ada siulan. Dan siulan untuk panduan dan Iwan bilang itu aja jadi melodinya, nggak usah isian gitar. Ini pertama kalinya dan ternyata susah. Yang jelas secara teknik siulan, nggak tertangkap tapi seru. Baru beberapa hari lalu kita manggung di Jakarta Fair dan bawakan Upaya Maksimal dan tertegun sendiri. Semuanya pada nyanyi bareng,” kata dia.

Indra menambahkan, Upaya Maksimal merupakan lagu menuju album ke-7 mereka dan sekaligus menjadi penanda perjalanan The Rain selama 17 tahun. “Ini road to album 7 The Rain. Kita rilis album 2016, tiga tahun lalu. Rencananya akan rilis EP digital akhir tahun ini. Maksimal lima lagu,” ujar dia.

Sementara melalui lagu Upaya Maksimal, Indra Prasta, Ipul Bahri, Aang Anggoro dan Iwan Tanda ingin berpesan bahwa jika sudah melakukan upaya semaksimal mungkin, maka apapun hasilnya akan iklas meski tidak sesuai harapan. Begitu juga jika gagal, tidak menjadi persoalan. Hal tersebut pun terlihat dari lirik-lirik lagu tersebut.

“Pesannya adalah kalau upaya udah pol-polan, apapun hasilnya, ikhlas. Gagal pun tak soal. Udah sampai tahap itu, sekarang terserah kamu. Makanya itu ada di lirik. Banyak fans yang nilai lirik The Rain itu beda. Dulu, melow bikin patah hati, bikin sedih, tapi sekarang kayak menertawakan diri sendiri,” papar Indra.

(alv)

Sumber: https://lifestyle.sindonews.com/read/1413420/157/lagu-upaya-maksimal-tercipta-di-krl-commuterline-bekasi-jakarta-1561051813


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2