Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh Dilanda Longsor

Ribuan orang kehilangan tempat tinggal akibat longsor di kamp pengungsi Rohingya.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA — Tanah longsor yang dipicu angin Muson terjadi di kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh, Ahad (7/7) sore waktu setempat. Pejabat bantuan kemanusiaan PBB mengatakan, akibat tanah longsor tersebut, satu orang tewas, dan menyebabkan lebih dari 4.500 orang kehilangan tempat tinggal.

PBB mengatakan, tanah longsor dipicu oleh hujan deras selama 72 jam di sekitar Cox’s Bazar. Di sana, lebih dari 900 ribu minoritas Muslim yang melarikan diri dari Myanmar, tinggal.

Dilansir Japan Times, titik-titik longsor terjadi di 26 tempat yang dibangun di bukit dekat perbatasan dengan Myanmar. Pohon-pohon juga roboh akibat hujan deras, sehingga membuat daerah tempat berpijak menjadi tidak stabil.

Pejabat badan pengungsi PBB, Areez Rahman mengatakan, sekitar 30 kamp terimbas badai. Ia mengatakan, satu perempuan berusia 50an tahun tewas saat dia berada di bawah tembok yang roboh.

Salah satu warga Rohingya, Nur Mohammad (40 tahun) yang tinggal di kamp utama Kutopaling mengatakan, 12 kerabatnya melarikan diri ke rumahnya yang hanya beralaskan terpal di perbukitan untuk berlindung. “Rumah saya sudah penuh sesak. Saya khawatir bagaimana saya akan memberi makan semua orang ini, ” katanya.

Para pejabat mengatakan, sekitar 5.000 orang Rohingya yang berada di sebidang tanah tak bertuan antara Bangladesh dan Myanmar juga telah dilanda badai itu. “Anak-anak menderita diare dan kami tidak memiliki cukup air minum,” kata pemimpin kamp Dil Mohammad.

Komisaris pengungsi Bangladesh, Mohammad Abul Kalam mengatakan, persiapan darurat sedang dilakukan. Seperti tercatat sebelumnya, badai muson telah menewaskan 170 orang di kamp pengungsi pada 2017.

Tahun lalu agen pengungsi PBB juga telah memindahkan 30 ribu orang Rohingya keluar dari daerah-daerah yang berisiko tinggi terhadap tanah longsor dan banjir.

Sekitar 740 ribu orang Rohingya melarikan diri dari penumpasan militer di negara bagian Rakhine Myanmar yang didominasi Buddha pada Agustus 2017. Kemudian, mereka bergabung dengan sekitar 200 ribu yang sudah tinggal di kamp-kamp di seberang perbatasan sejak lama.

Bangladesh ingin merelokasi hingga 100 ribu pengungsi ke pulau terpencil di Teluk Benggala. Kendati demikian, pemindahan itu ditentang oleh para pengungsi dan kelompok-kelompok hak asasi internasional.

Sumber: https://internasional.republika.co.id/berita/pubmf1382/kamp-pengungsi-rohingya-di-bangladesh-dilanda-longsor


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2