Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Masih Terus Dikembangkan, ETLE Akan Diberlakukan di Seluruh Indonesia

loading…

JAKARTATilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang sudah mulai diberlakukan di Jakarta merupakan terobosan baru di Indonesia. Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya sudah mulai menerapkan sistem ini sejak awal November tahun lalu di ruas protokol ibukota, yakni Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Lalulintas (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjend Pol Chrisnanda Dwilaksana mengatakan, ETLE akan diberlakukan di seluruh Indonesia, khususnya di kota-kota besar. ETLE ini juga akan dikembangkan secara bertahap, karena ini masih tahap awal. (Baca: ETLE Berlaku Mulai 1 Juli, Bisa Rekam Manin Ponsel dan Tak Pakai Safety Belt)”Kepolisian sedang berusaha mengembangkan sistem ini ke seluruh Indonesia. Ini akan menjadi kebijakan, bagaimana untuk setiap direktorat lalulintas di Indonesia akan menerapkannya, khususnya di kota-kota besar. Lalu jalan-jalan tol untuk mulai menerapkan ETLE ini," katanya kepada wartawan, Rabu (3/7/2019).

Dia menjelaskan, dengan ETLE maka penggunaan kamera yang merekam pelanggaran lalulintas langsung tercatat. "Jadi gak ada urusan bagi yang melanggar, mau itu anggota, mau aparat, mau petugas, jadi tilang elektronik atau ETLE berlaku bagi siapa saja. Ini salah satunya juga untuk keadilan," jelas mantan Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya ini.

Baca Juga:

Disampaikannya pula, budaya tertib lalu lintas bukan hanya untuk masyarakatnya, tapi semua aparatnya. Sedangkan kesadaran untuk tertib berlalulintas disebabkan tiga hal, karena sadar pentingnya tertib berlalulintas, karena tidak ada peluang untuk melanggar, dan karena penegakan hukum yang tegas tanpa tebang pilih, namun tebang habis.

Untuk diketahui, saat ini ada puluhan kamera CCTV yang sudah terpasang setidaknya di 10 titik pada ruas Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman. Kamera di ETLE tersebut siap memotret dan merekam pelanggaran yang ada. (Baca juga: Polisi Tambah 12 Kamera ETLE Canggih, Mampu Deteksi Pengendara Mainkan HP)

KAmera ETLE tersebut terpasang di jembatan penyeberangan orang (JPO) MRT Bundaran Senayan, JPO MRT Polda Semanggi, JPO depan kantor Kementerian Pariwisata dan di dekat kantor Kementerian PAN-RB, fly over Jalan Non Tol Sudirman ke Thamrin dan arah sebaliknya, bundaran Patung Kuda, simpang Sarinah-Bawaslu, dan JPO Plaza Gajah Mada.

(ysw)

Sumber: https://metro.sindonews.com/read/1416967/170/masih-terus-dikembangkan-etle-akan-diberlakukan-di-seluruh-indonesia-1562126600


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2