Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Menara Jam Afghanistan yang Terancam Ambruk

Menara Jam kini berdiri miring 3,47 derajat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menara Jam kini berdiri miring 3,47 derajat. Memang, kemiringan itu belum semiring Menara Pisa di Italia yang mencapai kemiringan 5,5 derajat, tapi tinggi Menara Jam mencapai 63 meter dan fondasi sudah tergerus.

Alam dan zaman berubah. Barangkali, memang nasib Menara Jam yang berdiri pada 1194 akhirnya harus berdiri sendiri di bekas ibu kota Kerajaan Ghor.

Sejak menduduki kursi kepresidenan, pada September 2014, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyatakan keinginannya menjaga peninggalan budaya Afghanistan dan keinginnanya pula untuk bekerja sama dengan perwakilan UNESCO di Kabul.

Ketua Tim Menara Jam UNESCO, Tarcis Stevens, pernah menyatakan, Menara Jam termasuk bangunan pertama di Afghanistan yang punya arti penting dari sekadar bangunan di perbatasan.

Tim UNESCO datang ke situs tempat Menara Jam berada untuk pertama kalinya pada 18 November 2006 untuk mengukur situs itu. Pada 2002 atau 2013, UNESCO sudah menyarankan agar dibangun struktur penopang di bagian fondasi Menara Jam.

Namun, Kabul tidak menunjukkan sikap jelas atas rekomendasi konservasi itu.

Sumber: https://khazanah.republika.co.id/berita/puba60313/menara-jam-afghanistan-yang-terancam-ambruk


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2