Berita Seputar Teknologi, Kesehatan dan Olah Raga

Pages

Menko Darmin Sebut Ekonomi Kuartal II Seharusnya Bisa Lebih Tinggi

loading…

JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pertumbuhan ekonomi kuartal II tahun 2019 yang sebesar 5,05% di luar perkirakaan. Dia menyebutkan pertumbuhan ekonomi seharusnya lebih tinggi dikarenakan ada beberapa momen seperti Pemilu dan Lebaran.

“Saya masih menganggap sedikit di atas itu, karena memang kuartal II tahun ini ada Pemilu, Pilkada besar, Lebaran. Jadi konsumsi masyarakat masih oke, investasi memang melambat tapi tidak jelek,” ujar Menko Darmin di Jakarta, Senin (5/8/2019).

Dia menambahkan, perang dagang antara Amerika Serikat (AS) versus China yang mash belum mereda membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia tertekan. Sedikit banyak tekanan pada perdagangan global membuat ekspor Indonesia mengalami negatif.

Baca Juga:

“Jangan lupa, apa yang beda sekarang dengan tahun lalu. Walaupun ekspor lambat atau turun, impor naik. Itu memang menunjukkan pergerakkan ekonomi kalo impor naik, dan itu memang kelihatannya dampaknya cukup langsung. Jadi kita harus upayakan lagi mulai dari investasi,” terang dia.

Meski begitu, Ia mengaku optimistis dengan pertumbuhan ekonomi 2019 akan sesuai target meskipun di kuartal II/2019 hanya mencapai 5,05%. “Iya tentu saja tergantung ekonomi global seperti apa pasti ada pengaruh kesitu, tapi kita enggak bisa bilang murni hanya sekedar ekonomi dalam negeri,” jelasnya.

(akr)

Sumber: https://ekbis.sindonews.com/read/1426925/33/menko-darmin-sebut-ekonomi-kuartal-ii-seharusnya-bisa-lebih-tinggi-1564993957


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE DFP 2
KODE DFP 2